Ausilius You Ditugaskan Sebagai Ketua Harian PB PON 2020

Ketua Harian KONI Mimika, Cessar A.Tunya, SH., MH., M.Si.
SAPA (TIMIKA) – Terhitung sejak tanggal 25 April 2018, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You ditugaskan oleh Ketua Umum KONI Mimika, Eltinus Omaleng, menjalankan tugas sebagai Ketua Harian Sub PB PON Cluster Mimika. Sebagai Ketua Harian PB PON Mimika, Ausilius You akan menjalankan pekerjaan yang berhubungan dengan persiapan PON XX tahun 2020 di Papua khususnya Mimika.

“Karena itu, saat ini KONI terus berkoordinasi bersama sekda agar mempercepat pelaksanaan rapat Sub PB PON untuk mempermatang persiapan penyelenggaraan PON ke XX 2020 mendatang,” kata Ketua Harian KONI Mimika, Cessar A.Tunya saat ditemui di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu (16/5).

Selain itu, Cessar mengatakan, saat ini presentasi kesiapan khusus Sub PB PON Mimika sudah mencapai 60 Persen. Hal ini dinilai dari dua bagian penting dalam persiapan pelaksanaan PON di Mimika, diantaranya persiapan atlet yang ditangani oleh KONI yang difokuskan kepada pengurus di provinsi dari masing-masing cabang olahraga (Cabor). Selanjutnya untuk penyelenggaran dan cluster, ditangani oleh PB PON dan Sub PB PON.

Dengan demikian, KONI Mimika yang juga berada dalam Sub PB PON Mimika akan bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan pelaksanaan PON XX Papua di Mimika.

“Usulan terakhir pada tanggal 25 April lalu oleh Bupati Eltinus bahwa, di Mimika akan dipertandingkan sembilan cabor, antara lain atletik, sepakbola, golf, futsal dan basket. Selain itu, ada permintaan penambahan yakni biliard, muaythai, tenis meja dan taekwondo. Namun berdasarkan pertemuan dan presentasi yang diselenggarakan di Bappenas beberapa waktu lalu, dari sembilan cabor yang diusulkan tersebut hanya sebanyak tujuh cabor, yakni futsal, atletik, golf, sepakbola, basket, muaythai dan judo,” terangnya.

Diakuinya, persiapan untuk tujuh cabor yang sementara disetujui tersebut masing-masing dari cabor futsal dalam proses pembangunan lapangan di komplek sekolah luar biasa (SLB) SP 5. Sedangkan untuk cabor atletik sudah siap, dan sementara terus dibenahi soal perlengkapan.
Sebab, arena cabor atletik dominan berkaitan dengan perangkat elektronik atau semi digital guna menghitung ketepatan masing-masing nomor atlet dan sebagainya.

Untuk cabor golf, akan dilaksanakan di lapangan golf Rimba Irian, Kuala Kencana. Sedangkan untuk sepakbola direncanakan akan menggunakan stadion baru, namun provinsi menentukan agar merenovasi stadion Wania Imipi, SP 1.

Demikian juga untuk cabor basket, akan ada penambahan kategori pertandingan tiga lawan tiga atau 3 on 3 atau 3x3. Kategori 3 on 3 membutuhkan tempat khusus untuk bisa dilaksanakan. Selanjutnya, untuk muaythai dan judo akan menggunakan GOR futsal.

Menurut Cessar, berdasarkan koordinasi bersama PB PON Provinsi Papua, persiapan venue di Mimika termasuk sudah matang. Hal ini karena sebagian besar venue telah dipersiapakan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Mimika Sport Complex (MSC). Dimana, saat ini hanya menunggu penyerahannya secara resmi kepada Pemkab Mimika.

Cessar menjelaskan juga bahwa, secara khusus untuk PB PON Provinsi Papua telah melakukan persiapan secara keseluruhan, termasuk jadwal kerja. Sehingga dengan begitu Sub PB PON Mimika akan terus menyesuaikan dengan program kerja yang ada di provinsi agar searah untuk kesuksesan PON XX/2020 Papua.

“Persiapan kita selaku Sub PB PON sudah mencapai 60 persen dan hanya membenahi beberapa bagian pendukung saja. Kami berharap secepatnya ada rapat koordinasi bersama Ketua harian PB PON, supaya lebih mematangkan lagi. Dari provinsi juga menilai bahwa persiapan kita di Mimika sudah bagus,” jelasnya. (Acik)

Tinggalkan Balasan