Lagi, 3 Orang KKB Ditangkap

Irjen Pol Boy Rafli Amar sembari memegang data kejahatan yang pernah dilakukan ketiga KKB dalam rilisnya di Jayapura, kepada wartawan Rabu (16/5).

JAYAPURA- Satuan tugas khusus Kepolisian Daerah (Polda) Papua berhasil melakukan penangkapan terhadap 3 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang juga Daftar Pencarian Orang (DPO) dengan inisial YT, TW dan TK.

  Adapun ketiga pria tersebut diamankan pada waktu dan lokasi yang berbeda, dimana YT diamankan pada Sabtu (12/5) di Kampung Usir, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, TK pada Minggu (15/4) di Desa Topo Kelurahan Margajaya, Distrik Uwapa Kabupaten Nabire dan TW pada Selasa (17/4) di Pasar Sinakma Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

  Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar kepada wartawan mengatakan, penangkapan ketiga orang KKB tersebut berdasarkan informasi yang didapatkan oleh anggota di lapangan. Sehingga itu, anggotanya bertindak secara cepat dan melakukan penangkapan terhadap ketiganya.

“Ketiganya saat ini sedang menjalani proses pemeriksaan  dan tahap penyelesaian berkas perkara   setelah itu akan kami limpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum,” terangnya.

Dikatakannya, dari ketiga pria yang saat ini sudah diamankan di Mapolda Papua masuk dalam kelompok Sabinuns Waker dan Puron Wenda. Dan sampai saat ini, sekitar 19 orang yang dinyatakan DPO yang tersebar di Puncak dan Sinak.

“Berkaitan dengan masalah kepemilikan senjata  masih kami lakukan pemeriksaan terhadap ketiganya, karena mereka belum sepenuhnya terbuka. Kita masih mendalami  kasus terkait darimana mereka mendapatkan senjata dan amunisinya,” jelasnya.

Menurut Rafli Amar, banyak kejahatan yang sudah dilakukan ketiganya diantaranya melakukan penembakan terhadap anggota Polisi, merampas senjata milik anggota, terlibat dalam perkara Pidana Pembunuhan, Pencurian dengan kekerasan dan Penganiayaan, melakukan penyerangan yang menyebakan beberapa anggota Polisi tewas.

Adapun jumlah korban dari aksi kejahatan yang dilakukan ketiganya yakni sekira 7 orang mengalami luka-luka  sedang  sekira 23 orang meninggal dunia.

  Dari ketiga pelaku polisi berhasil mengamankan Barang Bukti (BB)-   (fia)

Tinggalkan Balasan