Kristosimus: Saat Konvensi PBB Di Jerman, Saya Komit Bangun Mappi Dengan Ramah Lingkungan

Metro Merauke – Bupati Mappi, Kristosimus Anggawemu mengungkapkan, saat diundang mengikuti Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Jerman tanggal 13 November 2017 silam sehubungan dengan perubahan iklim dunia, dirinya menyampaikan komitmen  membangun Mappi dengan ramah lingkungan.

Hal itu disampaikan Kristosimus kepada sejumlah wartawan Kamis (24/5). “Kenapa saya sampaikan demikian dalam konvensi tersebut, karena  Itu juga sudah masuk dalam grand desain kota di Kabupaten Mappi yang dibangun dengan porsi ramah lingkungan,” katanya.

Dikatakan, jika tak ada halangan, pemerintah setempat akan menggunakan thema Mappi kota hijau. Maksudnya agar kegiatan yang dilakukan tidak membersihkan hutan secara keseluruhan, tetapi  membersihkan sesuai kebutuhan.

“Kalau hutan telah digunakan separuhnya, akan dimanfaatkan dengan menanam beberapa jenis pohon yang dipandang untuk menjaga keramahan lingkungan,” tuturnya.

Disinggung kedatangan kapal Rainbow Warrior beberapa waktu lalu di perairan Mappi, Kristosimus mengaku, itu sebagai salah satu komitmennya ketika melakukan presentasi di konvensi PBB di Jerman.

“Ini menjadi suatu catatan bahwa untuk pertama kalinya saya sebagai pejabat di Papua, mendapatkan kesempatan ikut dalam konvensi PBB setelah mendapat undangan resmi,” ungkapnya.

“Dalam forum besar seperti demikian, mungkin baru pertama kali saya mewakili Papua setelah beberapa tahun silam diikuti mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu,” katanya.

Kristosimus menambahkan, pemerintah setempat berkomitmen untuk tidak membuka ruang seluas-luasnya kepada investor melakukan investasi di Kabupaten Mappi.

“Kalaupun ada yang ingin masuk, silakan berhubungan langsung dengan masyarakat. Jika masyarakat telah membuka diri, baru pemerintah masuk memberikan gambaran dampak positif dan negatif dari kehadiran investor,” katanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan