KPU Papua Pastikan Debat Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Hari Ini

Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan KPU Provinsi Papua, Izak Hikoyabi.

SAPA (TIMIKA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua memastikan debat kandidat bupati dan wakil bupati Kabupaten Mimika periode 2018 – 2023 yang diikuti enam pasangan calon, digelar hari ini, Rabu (13/6) di Graha Eme Neme Yauware Timika.

Keenam paslon itu diantaranya, nomor urut 1, Petrus Yenwarin – Alpius Edowai (Petraled), nomor urut dua, Roberthus Waraopea – Albert Bolang (RnB), nomor urut tiga, Wilhelmus Pigai – Athanasius Allo Rafra (Musa), nomor urut empat, Hans Magal – Abdul Muis (Ham), nomor urut lima, Maria Florida Kotorok – Yustus Way (Marius). Dan nomor urut enam, Eltinus Omaleng – Johannes Retob (Omtob).

Komisioner KPU Papua, Divisi Logistik dan Keuangan, Izak Hikoyabi mengatakan, sosialisasi pelaksanaan debat kandidat telah dilakukan oleh salah satu komisioner KPU Papua, Divisi Sosialisasi, Musa Sombuk. Dimana, pihaknya melakukan pertemuan bersama panelis untuk persiapan debat.

“Kita berharap, keenam paslon, besok, bisa tampil secara maksimal pada debat kandidat pertama,” ujar Komisioner KPU Papua, Divisi Logistik dan Keuangan, Izak Hikoyabi saat ditemui Salam Papua usai menerima aspirasi pendukung paslon Omtob di Kantor KPU Mimika, Selasa (12/6).

Izak mengatakan, pelaksanaan debat kandidat tersebut dapat dilangsungkan sebanyak dua kali.
“Debat bisa sampai H-3 masa tenang. Kalau bisa hari ini, dua minggu kedepan masih bisa. Maksimal tiga kali debat, dan paling sedikit dua kali,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, calon wakil bupati Mimika dari pasangan Omtob, Johanes Rettob,  saat menggelar jumpa pers di Sekretariat Utama Tim Pemenangan, Jalan Hasanudin, mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan mosi tidak percaya kepada KPU Mimika.

“Kami tetap berpegang pada jadwal yang sudah tertuang dalam berita acara yang dibuat KPU Provinsi Papua. Dimana seluruh jadwal yang sudah ditetapkan itu sudah lewat, yakni tanggal 26 Mei dan 9 Juni. Kami akan ikut debat apabila ada jadwal baru yang sudah dibuat oleh KPU Papua dan disertai berita acara,” ujar Johanes Rettob.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan itu menegaskan, semua ini terjadi karena KPU Mimika diduga sengaja menunda jadwal debat kandidat. Dimana KPU Mimika melaksanakan pleno secara diam-diam pada Minggu 10 Juni 2018 sekitar jam 19.00 WIT  di Hotel Emerald Jalan Cenderawasih SP 2 Timika, dengan hanya mengundang 5 pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika. Pasangan Omtob tidak diundang. 

Karena itu pasangan Omtob telah memberikan penegasan adanya indikasi yang kuat tentang sikap KPU Kabupaten Mimika yang mulai dari awal tahapan Pilkada Kabupaten Mimika sudah tidak netral dan berpihak kepada pasangan calon tertentu dalam Pilkada Kabupaten Mimika. (Salma)

Tinggalkan Balasan