Pasca Penangkapan Pelaku Begal, Curas dan Curanmor Berkurang

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto. 

SAPA (TIMIKA) – Pasca penangkapan pelaku begal, aksi tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan pencurian disertai dengan tindak kekerasan (Curas) atau begal berkurang, bahkan tidak ada.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, aksi kejahatan curas dan curanmor sudah tidak ada lagi pasca penangkapan pelaku begal. Dia pun berharap, hal seperti ini bisa bertahan terus.

 “Kita berharap tindak kejahatan curas dan curanmor sudah tidak ada lagi,” kata Kapolres Mimika ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (12/6).

Namun sampai saat ini, ada dua orang pelaku begal  yang berinisial IF dan FA masih buron dan dinyatakan oleh pihak kepolisian sebagai buron kelas wahid. Dikuatirkan kedua buronan ini bisa merekrut yang lain dan mengambil alih peranan tersangka yang sudah ditahan. Saat ini keberadaan pelaku sudah terlacak oleh pihak kepolisian dan tinggal melakukan penangkapan.

“Kita sudah mengantongi indentitas pelaku. Kita tinggal melakukan penangkapan,” ujarnya.

Saat ini, ungkap Kapolres, semua pelaku yang buron masih berada di Timika. Untuk itu pihaknya mengimbau, agar segera menyerahkan diri kepada kepolisian sebelum dilakukan tindakan tegas.

“Kepada para pelaku kita minta untuk menyerahkan diri. Karena mereka masih berada di kota Timika,” ungkapnya.

Dia menambahkan, seluruh pelaku yang sudah diamankan terus diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Pihak keluarga dari “otak” pelaku begal yang sudah diamankan petugas, sempat mendatangi Polres Mimika dan menyampaikan bahwa yang ditangkap tersebut bukan pelaku atau otak begal.

Namun, pihak kepolisian tidak percaya hal itu begitu saja. Pasalnya, dari keterangan semua pelaku begal, otak intelektual begal tersebut adalah tersangka yang dilumpuhkan polisi beberapa waktu lalu.

“Keluarga pelaku begal bersama dengan pengacaranya mendatangi Polres Mimika dan menyampaikan bukan tersangka yang menjadi otak begal. Tapi kita tidak percaya begitu saja,” kata Kapolres. (Tomy)

Tinggalkan Balasan