Terjaring OTT, Kepala Syahbandar Manokwari Terancam 20 Tahun Penjara

Kepala Syahbandar Manokwari Terancam 20 Tahun Penjara
Kepala Syahbandar Manokwari Terancam 20 Tahun Penjara
Kepala Syahbandar Manokwari Terancam 20 Tahun Penjara – Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Indro Rizkiadi saat membeberkan seputar OTT saber pungli yang menyeret Kepala KSOP Manokwari inisial IAH, Selasa (26/6/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papubaratoke.com Kepala Syahbandar Manokwari Terancam 20 Tahun Penjara.  IAH alias Ivan oknum Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Kabupaten Manokwari, Kamis 14 juni 2018 lalu terancam 20 tahun penjara.

Kepala Syahbandar Manokwari Terancam 20 Tahun Penjara.  Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi melalui kasat reskrim Polres Manokwari AKP Indro Rizkiadi mengungkapkan, pihaknya akan mengenakan pasal 12 huruf e, undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001.

Yakni masuk kategori perbuatan pemerasan. Dimana pasal 12 e tersebut ancaman hukuman penjara minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Rizkiadi menuturkan, pada pasal tersebut menjelaskan, jika pegawai negeri atau penyelenggara negara yang dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, atau dengan menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar, atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.

“Kita kenakan UU nomor 20 tahun 2001 pasal 12 huruf E. Jadi kita terapkan pasal tersebut karena yang bersangkutan adalah (Kepala KSOP Syahbandar Manokwari, red) Aparatur Sipil Negara (ASN). Jadi ini kita sudah laporkan kepada pimpinan juga, dan selanjutnya kita segera rampungkan berkasnya untuk proses tahap I tahapan pengembangan penyidikan kasus OTT tersebut,” terang Rizkiadi.

Selain itu, sebut dia, diterapkannya pasal ini, dikarenakan sesuai modus yang dimainkan tersangka, untuk memperlencar sejumlah surat perijinan berlayar, sehingga melalui aksi manipulasi itu lah, tersangka diduga kuat kerap meminta sejumlah imbalan berupa uang tunai di para korbannya.

Baca Juga:  Apess..! Ini Penyebab Kepala KSOP Manokwari Terjaring OTT

Pasca Ivan ditangkap tim Saber Pungli Kabupaten Manokwari, hingga kini tim penyidik telah memanggil dan memeriksa 4 orang saksi.

“Empat saksi sudah kita periksa dan masih terus kita lakukan pemeriksaan sesuai prosedur. Selanjutnya kita akan lakukan pemeriksaaan lebih detail dan mendalam di salah satu perusahaan di Surabaya,” cetus Rizkiadi.

“Minggu depan jika tidak ada halangan, kita akan segera rampungkan dan limpahkan ke kejaksaan. Karena OTT di Syahbandar pertama kali terjadi. Untuk kategori pangan dan lainnya kita belum dapati, tapi tidak menutup kemungkinan,” pungkasnya menambahkan.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung

The post Terjaring OTT, Kepala Syahbandar Manokwari Terancam 20 Tahun Penjara appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan