Bertolak ke Tanah Air, Rombongan Jamaah Umroh PB Dijadwalkan Tiba di Manokwari Selasa Pagi

Rombongan Jamaah Umroh PB
Rombongan Jamaah Umroh PB
Rombongan Jamaah Umroh PB – Rombongan jamaah umroh Provinsi Papua Barat mengabadikan momen di depan Masjidil Haram sebelum melakukan tawaf perpisahan. (Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.comRombongan Jamaah Umroh PB.  Setelah melaksanakan ibadah umroh dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di dua kota Madinah dan Makkah kurang lebih 12 hari, rombongan jamaah asal Provinsi Papua Barat, Minggu (1/7/2018) malam, sekitar pukul 00:00 waktu setempat akan meninggalkan Kota Makkah untuk bertolak kembali tanah air.

Rombongan Jamaah Umroh PB.  Perjalanan normal akan ditempuh selama sembilan jam. Senin (2/7/2018) siang, sekitar pukul 14:00 WIB, akan tiba di Jakarta. Dan malam harinya, sekitar pukul 23:00 WIB, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Manokwari, Papua Barat. Direncanakan tiba, Selasa (3/7/2018) pagi.

Rombongan jamaah umroh Papua Barat yang berjumlah 75 orang selama di Kota Makkah telah melaksanakan rangkaian rukun umroh sebanyak tiga kali, dan melakukan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di sekitar Makkah, Arab Saudi.

Sebelum melakukan Tawaf Wada (tawaf perpisahan), jamaah umroh sempat melakukan pertemuan di lobi hotel tempat jamaah menginap. Dalam tatap muka itu, Ketua Rombongan H. Musa Kamudi berharap jamaah untuk tetap selalu menjaga kekompakan.

“Jika ada hal-hal yang tidak berkenan antar jamaah, dapat saling memaafkan. Karena niat kita ke sini (Makkah, red) tidak lain adalah untuk beribadah. Untuk travel, masukan terkait pelayanan dari keberangkatan hingga kepulangan yang disampaikan, anggap saja itu masukan untuk perbaikan. Karena sesungguhnya tidak ada yang sempurna,” ujar Musa Kamudi, Asisten I Setda Provinsi Papua Barat melalui siaran pers yang diterima Papuabaratoke.com, Minggu (1/7/2018) malam.

Baca Juga:  Hadiri Pembukaan Manasik, Ini Pesan Wagub Lakotani Untuk Jamaah Umroh

Musa mengajak jamaah umroh Papua Barat untuk selalu menjaga nama baik Provinsi Papua Barat. Dimana berangkat dan pulang dengan jumlah yang sama. Menurut dia, kepercayaan yang diberikan pemerintah provinsi kepada para jamaah, harus tetap dijaga.

“Bentuk perhatian yang diberikan, harus dijaga baik. Tentu kita bersyukur, karena bisa diberangkatkan dalam jumlah yang banyak. Ini awal yang sangat baik, bagaimana kebijakan pemerintah provinsi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan warganya,” kata Musa.

Setelah Tawaf Wada, jamaah umroh kembali ke hotel untuk bersiap-siap meninggalkan kota Makkah menuju Jeddah, Arab Saudi. Rencana rombongan balik menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airline. Beda halnya saat berangkat, rombongan memakai Saudi Arabian Airline.

Penulis : Kris Tanjung

The post Bertolak ke Tanah Air, Rombongan Jamaah Umroh PB Dijadwalkan Tiba di Manokwari Selasa Pagi appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan