Timses LUKMEN Minta 8 PPD Segera Masukkan Hasil Rekapitulasi ke KPU Lanny Jaya

WAMENA (PT) – Sekretaris Tim Sukses (Timses) Lukas Enembe-Klemen Tinal (LUKMEN) tingkat Kabupaten Lanny Jaya, Terius Yigibalom mengatakan, pada dasarnya pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2018 di Kabupaten Lanny Jaya berjalan aman dan lancar bahkan tidak ada kendala.

Untuk itu, ia pun meminta kepada delapan Panitia Pemungutan Distrik (PPD) untuk segera membawa hasil rekapitulasi tingkat distrik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lanny Jaya untuk dilakukan pleno tingkat kabupaten.

“Untuk jumlah DPT Pilgub yang ditetapkan di Kabupaten Lanny Jaya sebanyak 186.905 jiwa yang tersebar di 39 distrik. Hasil rekapan secara keseluruhan dari jumlah DPT sebanyak 186.905 itu untuk pasangan LUKMEN memperoleh 151.399 suara, sedangkan untuk JOSUA memperoleh 35.506 suara,” ungkap Terius saat memberikan keterangan pers di Caffe Mukoko, Wamena, Senin (2/7/2018).

Dikatakan, dari hasil pantauan timses LUKMEN dilapangan bahwa sebagian besar PPD tingkat distrik sudah melakukan rekapitulasi suara namun hingga saat ini beberapa distrik itu belum membawa rekapanya ke KPU.

“Beberapa PPD sudah melakukan pleno tingkat distrik tapi hasilnya masih belum dibawa ke KPU Lanny Jaya,” katanya.

Diakuinya, guna mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan seperti merubah atau mengalihkan suara sehingga KPU dan Panwas diharapkan bisa menindaklanjutinya.

“KPU harus bisa menginstruksikan PPD supaya hasil itu dibawa dan diplenokan di tingkat KPU kabupaten sesuai jadwal,” imbuhnya.

Dia juga menekankan supaya penyelenggara baik itu KPU Lanny Jaya maupun Panwaslu Lanny Jaya dapat bersikap netral.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Timses LUKMEN tingkat Kabupaten Lanny Jaya, Yemis Kogoya menegaskan, rekapitulasi suara yang masuk merupakan suara rill di lapangan dan tidak bisa ditambah atau dikurangi.

“Kami meyakini KPU akan pleno itu sehingga kita juga tidak bisa membohongi publik karena ini sudah benar. Kami menyampaikan terimakasih kepada rakyat Lanny Jaya yang sudah melakukan pemilihan dengan hati nurani,” katanya.

Oleh karena itu, Yemis Kogoya yang juga Wakil Bupati Lanny Jaya mengharapkan KPU Lanny Jaya dalam waktu dekat segera memplenokan hasil rekapan PPD tingkat distrik sehingga dibawa ke tingkat provinsi.

Di tempat terpisah, ketika dikonfirmasi, Ketua KPU Lanny Jaya, Tanus Kogoya mengakui memang ada sekitar delapan PPD distrik yang belum memasukkan hasil rekapan tingkat distrik.

Bahkan, sesuai rencana berdasakan tahapan jadwal KPU, rekapan akan dilaksanakan pada 4-6 Juli 2018.

Dia meminta agar KPU tidak didesak, sebab PPD dalam melakukan pekerjaannya memiliki masalah baik geografis dan faktor lainnya.

Meski begitu, dia berharap rekapitulasi tingkat kabupaten dilakukan sesuai jadwal.

“Yang belum masukkan kami buat pengumuman pemanggilan agar dibawa pada 3 Juli 2018 untuk bisa dimasukkan dan direkap tingkat kabupaten pada 4-6 Juli 2018,” pungkasnya. (mal/dm)

Tinggalkan Balasan