Pola Konsumsi Pangan Rendah, Bupati Demas: Ini Menentukan SDM Kita

Pola Konsumsi Pangan Rendah
Pola Konsumsi Pangan Rendah
Pola Konsumsi Pangan Rendah – Bupati dan Wakil Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan, Edi Budoyo saat melihat langsung lomba cipta menu, beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) di gedung Wanita Manokwari jalan percetakan Sanggeng Distrik Manokwari Barat, Senin (2/7/2018). (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comPola Konsumsi Pangan Rendah.  Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan mendorong agar pola mengkonsumsi pangan masyarakat meningkat.

Pola Konsumsi Pangan Rendah.  Pernyataan ini disampaikan Demas pada lomba cipta menu, beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) di gedung Wanita Manokwari jalan percetakan Sanggeng Distrik Manokwari Barat, Senin (2/7/2018).

Demas menuturkan, keberhasilan dalam proses pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan pola konsumsi pangan.

“Perbaikan pola konsumsi melalui keanekaragaman pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif. Karena ini sangat menentukan SDM kita,” ucap Demas.

Lebih lanjut dikemukakan, bahwa pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Seperti mengkonsumsi beras masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat sementara sumber karbohidrat lainnya yang dahulunya biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat.

Baca Juga:  Tim Penggerak PPK Kabupaten Manokwari Selatan Gelar Lomba Tumpeng Berbahan Pangan Lokal

“Disamping itu konsumsi sayur dan buah, umbi-umbian. Pangan hewani dan kacang kacangan masih rendah sebingga perlu ditingkatkan,” pinta Bupati Demas.

Lanjut Bupati Demas Paulus, pola konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), berbasis sumber daya lokal adalah pangan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal. Bahan makanan mudah di dapat, tak langkah, tersedia setiap waktu dan harga terjangkau.

Dia juga menyampaikan faktor keamanan pangan juga sangat penting karena konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang tidak akan berarti, jika makanan yang di konsumsi masyarakat tak aman dari cemaran mikroba, kimia maupun fisik.

“Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan B2SA, badan ketahanan pangan kementrian pertanian secara berjenjang dari pusat sampai ke daerah melakukan publikasi dan sosialisasi, salah satunya melakukan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman,” tutup Demas
mengahiri sambutanya pada kegiatan yang dilaksanakan dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Manokwari dengan peserta seluruh ibu PKK se Distrik di Kabupaten Manokwari tersebut.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung

The post Pola Konsumsi Pangan Rendah, Bupati Demas: Ini Menentukan SDM Kita appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan