2018, BNNK Mimika Sudah Tangani 5 Kasus Narkotika

Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling.

SAPA (TIMIKA) - Dari target tiga kasus yang diberikan oleh pusat untuk ditangani Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika, maka, sejak awal tahun 2018 hingga kini, BNNK Mimika telah menangani lima (5) kasus penyalahgunaan narkotika.

Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling mengatakan, meski oleh pusat diberikan tiga target, pihaknya tidak hanya berpatok pada target yang diberikan, melainkan terus menangani kasus narkotika yang ada dan ditemukan di Mimika.

“Dalam DIPA RK BNNK Mimika tahun 2018, diberikan target sebanyak tiga kasus atau perkara. Tapi sejauh ini sudah memproses sebanyak lima kasus. Tapi, kita tidak terpaku dengan target tersebut,” kata Mursaling saat ditemui di Kantor BNNK Mimika, Jalan Cenderawasih, Kamis (5/7).

Menurut Mursaling, memang sudah banyak kasus penyalahgunaan yang ditangani oleh BNNK Mimika, namun, hal itu bukanlah dikategorikan berhasil. Harus ada upaya agar bagaimana caranya tak ada lagi kasus-kasus serupa, terutama masuknya barang haram tersebut ke suatu wilayah.

“Salah satu upaya, bagaimana kita bisa berhasil mencegah agar kasus tersebut tidak ada,” ujarnya.

Upaya pencehagan yang dilakukan salah satunya adalah memberikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat agar menjauhi narkotika, baik itu dimanfaatkan menjadi kurir narkotika, pengedar maupun bandar. Karena sudah tentu, hal itu akan berdampak hukum.

“Setiap pelaku baik itu kurir, pengedar maupun bandar ada dampak hukumnya. Hukumannya minimal empat tahun dan maksimal hukuman mati,” katanya.

Dari lima kasus narkotika yang ditangani tahun 2018 ini, sudah ada satu kasus yang di vonis oleh pengadilan. Sedangkan untuk beberapa kasus lainnya sementara masih dalam tahap persidangan dengan jumlah tersangka sebanyak lima orang.

Lima kasus yang ditangani seluruh barang buktinya merupakan narkotika dengan jenis sabu. Sejauh ini, kebanyakan hanya narkotika jenis sabu dan ganja yang masuk ke Mimika.

“Sejauh ini dari hasil pendeteksian BNNK Mimika, jenis narkotika yang masuk ke Timika hanya dua jenis, yakni ganja dan sabu,” tutupnya. (Tomy)

Tinggalkan Balasan