Penetapan Tersangka Malpraktek di RSUD Manokwari, Tunggu Hasil Lab Forensik

Malpraktek di RSUD Manokwari
Malpraktek di RSUD Manokwari
Malpraktek di RSUD Manokwari – Pembongkaran makam bayi yang meninggal akibat dugaan malpraktik di RSUD Manokwari, Papua Barat, Sabtu (2/6/2018).(Foto : Adrian Kairupan/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comMalpraktek di RSUD Manokwari.  Penetapan tersangka kasus dugaan malpraktek RSUD Manokwari sisa menunggu hasil laboratorium tim forensik mabes Polri.

Malpraktek di RSUD Manokwari.  “Terkait kelanjutan hasil outopsi jenasah bayi yang dibongkar masih kita tunggu hasil Lab Forensik Mabes Polri. Sehingga kita tau ada atau tidaknya unsur Malpraktek oleh RSUD Manokwari,” ujar Ditreskrimsus Polda Papua Barat Kombespol Budi Santoso, Rabu (4/7/2018).

Santoso menuturkan, penyelidikan kasus dugaan malpraktek ini dituduhkan kepada salah satu oknum dokter yang bertugas di RSUD Manokwari. Dimana diduga melakukan kesalahan pemberian obat dan dosis sehingga menyebabkan seorang bayi anak dari seorang ibu rumah tangga (IRT) yang bernama Elin Novita Sari (36) warga Manokwari, meninggal pasca dilahirkan 27 Februari 2018 lalu, dan sesuai dengan bukti Laporan Polisi (LP) yang telah dibuat nomor STPL/50/llI/2018 Rabu (18/3) lalu.

“Para perawat sendiri telah kita periksa, untuk berapa jumlahnya tanya penyidik nanti,” ujar Santoso.

Sebelumnya diberitakan, penyidik Polda Papua Barat dan tim laboratorium mabes polri membongkar makam bayi, Sabtu (02/5/2018) lalu. Pembongkaran itu mendapat pengawalan ketat dari aparat bersenjata polda Papua Barat.

Baca Juga:  Polisi Bongkar Makam Bayi Dugaan Malpraktik RSUD Manokwari

Salah satu pihak penyidik Subdit I (INDAGSI) Ditreskrimsus Polda Papua Barat, AKP Musa Permana menjelaskan, pembongkaran makam bayi tersebut untuk mencocokan kandungan sampel DNA jenazah bayi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, terhadap kandungan obat Toksin atau apakah adanya dugaan penyakit Malaria, dan Pembongkaran juga sudah mendapatkan persetujuan pihak keluarga.

Dimana autopsi tersebut memang diperlukan pihak kepolisian, untuk melengkapi proses penyelidikan yang sedang berjalan. Keluarga sudah melaporkan kasus tersebut sejak 18 Maret 2018 lalu. proses autopsi yang dilakukan Polda Papua Barat bersama tim forensik labfor wilayah timur Makasar selanjutnya masih diuji lab terkait penyebab penanganan bayi pasca ditangani usai proses kelahiran.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung

The post Penetapan Tersangka Malpraktek di RSUD Manokwari, Tunggu Hasil Lab Forensik appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan