Pengelolaan Tiga Pasar Rakyat Diserahkan ke Distrik

Bernadinus Songbes. 

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes mengatakan, telah menyerahkan kewenangan pengelolaan tiga pasar rakyat di SP 4, SP 5 dan SP 7 kepada masing-masing Pemerintahan Distrik.

Menurut Bernadinus pengalihan kewenangan pengelolaan ini dilakukan agar setiap pembangunan pasar tidak menjadi mubazir. Mubazir juga sebetulnya terjadi karena tidak adanya kemauan dari setiap masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas Negara. Dalam artian, masyarakat selalu menuntut agar dibangunkan pasar, akan tetapi ketika telah dibangun, bangunan tersebut tidak difungsikan dengan baik.

“Kasihan pemerintah sudah bangun dengan anggaran besar, tapi malah dijadikan tempat berkumpul yang tidak berguna. Di situ sudah penuh dengan ludah pinang, temboknya sudah diukir dengan gambar-gambar jorok dan yang lainnya. makanya kita serahkan ke pemerintah distrik,” tuturnya saat ditemui di Kantor Disperindag, Jalan SP2 ke SP5, Kamis (5/7).

Namun meski telah diserahkan ke pemerintahan Distrik, menurut dia dalam waktu dekat Disperindag akan melakukan pembenahan di beberapa pasar tersebut di atas. Dalam hal ini melakukan bakti social untuk mengecat ulang semua dinding dan tiang agar selanjuntya bisa difungsikan oleh mama-mama di masing-masing wilayah itu.

“Kalau nanti kami selesai lakukan pengecatan ulang, maka akankoordinasi bersama kepala Distrik supaya bagaimanapun caranya pasar-pasar ini harus segera difungsikan lagi,” tuturnya. (Acik)

Tinggalkan Balasan