Jalan Wamena–Kota Jayapura Sudah Bisa Dilewati

Dari Survey Crew Labewa Adventur Group

JAYAPURA-Crew Labewa Adventur Goup, membuktikan bahwa jalan trans Papua yang dibangun di bawah kepemimpinan Presiden RI. Ir. Joko Widodo memang benar.

Hal ini telah dibuktikan Crew Labewa Adventur Group bahwa jalan Wamena ke Kota Jayapura sudah terhubung. Mereka buktikan dengan melakukan survey, melintasi jalan Kabupaten Jayawijaya di Wamena menuju Elelim-Benawa-Meteor (sungai Mamberamo)-Distrik Senggi- Distrik Waris, Arso Kabupaten Keerom dan tiba di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua di Kota Jayapura dalam keadaan selamat dengan menggunakan kendaraan motor trail roda dua.

Ketua Labewa Adventur Goup, Abner Maniagasi mengakui, survey yang dilakukan atas perhatian dan kecintaannya kepada Papua, karena tidak ada sponsor, hanya swadaya saja. Memang kendala selama di perjalanan kebanyakan hanya melewati sungai, yang masih belum ada jembatannya.

   Sehingga dibutuhkan, alat, dan kekompakan crew dalam melewati sungai itu. Namun selain itu, jalan sudah bisa dilewati crew dengan baik.

Untuk itu, ia optimis dan berharap jika trans Papua ini terus dikebut oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional XIII Jayapura.

  Dengan demikian, masyarakat Papua akan terbantu, akses tidak hanya fokus pada udara, namun juga bisa darat, dan ini bisa berdampak pada penekanan harga Sembako, bahan bangunan dan lainnya. Sehingga daerah-daerah pegunungan juga bisa lebih maju lagi.

  “Kita perjalanan dari Kabupaten Jayawijaya pada 9 Juni dilepas oleh Sekda Jayawijaya Yohanis Walilo dan tiba di Kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura 11 Juni 2018, atau jarak tempuh selama 2 hari dengan menghabiskan bahan bakar 25 liter per motor untuk motor yang sudah dimodifikasi, jika motornya masih normal maka tidak sampai 25 liter,’’jelasnya.

  Setelah tiba di Kota Jayapura, crew kemudian istirahat selama satu minggu, kemudian dilanjutkan kembali perjalananya menuju Wamena pada tanggal 16 Juni tiba 18 Juni 2018.

    Diakuinya, alasan crew Labewa Adventur Goup melakukan survey ini adalah untuk  memastikan bahwa jalan trans Papua ini benar-benar dibangun, dan mengecek karena sebelumnya  jalan Wamena ke kabupaten lain serta menuju Kota Jayapura sudah dibuka, jangan sampai jalan ini terputus lagi.

  “Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah RI, Menteri PUPR dan Dirjen Bina Marga Kemeterian PUPR, Kepala BBPJN XVII Jayapura, PT. Puncak Sahyu Jaya, PT.Argana Putra Perkasa, PT. Paesa Pasindo Engineering, Pemkab Yalimo, Pemkab Keerom, Sekda Kabupaten Jayawijaya dan semua yang terlibat dalam menyukseskan dan mendukung survey ini,’’pungkasnya.(dil/tho)

Tinggalkan Balasan