640 Personel Amankan Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten

Apel pasukan untuk pengamanan proses pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten Mimika.

SAPA (TIMIKA) - Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengatakan, ada sebanyak 640 personel keamanan yang disiapkan untuk pengamanan pelaksanaan tahapan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu gubernur-wakil gubernur Papua serta pemilu bupati-wakil bupati Mimika tahun 2018 tingkat Kabupaten Mimika, Minggu (8/7), di Gedung Eme Neme Yauware.

"Untuk mengamankam pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pada hari ini (Kemarin-Red), kami menyiapkan 640 personel. Di mana, itu di ambil dari 240 personel TNI dan 400 personel Polri, baik Polres maupun Brimob," kata Kapolres yang ditemui usai apel gabungan di Gedung Eme Neme Yauware.

Pengamanan yang dilakukan, kata Kapolres, masih menggunakan pola yang sama seperti pada saat melaksanakan debat kandidat pasangan calon (Paslon) beberapa waktu lalu.

"Tidak jauh beda dengan sebelumnya, dengan menerapkan tiga ring dalam pelaksanaan pengamanan," ujarnya.

Ring satu mencakup dalam Gedung Eme Neme Yauware, yang mana di jaga oleh personel Polres Mimika dan satu pleton personel Brimob Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ring dua meliputi halaman gedung dan di jaga oleh personel TNI dan Batalyon B Brimob Polda Papua.

Sedangkan ring tiga untuk wilayah luar halaman gedung, dijaga oleh satu pleton personel Brimob DIY dan Batalyon B Brimob Polda Papua, ditambah personel TNI yang disiagakan di Lapangan Timika Indah.

Dari pantauan Salam Papua, pemeriksaan ekstra ketat terlihat pada gerbang masuk dan pintu masuk gedung, dimana para pihak yang diperbolehkan masuk untuk mengikuti kegiatan wajib menggunakan kartu tanda pengenal yang sudah disiapkan oleh KPU Mimika. (Salma)

Tinggalkan Balasan