Dana Otsus 100 Miliar Disalurkan dalam Empat Tahap

Kepala BPKAD Mimika, Marten Papi Malisa.

SAPA (TIMIKA) - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Papi Malisa, mengatakan bahwa dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk Mimika tahun 2018 sebesar Rp100 miliar lebih, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN), telah dicairkan.

Namun, pencairan dana otsus untuk Mimika yang merupakan daerah dengan kewenangan khusus dalam mengurus kepentingan masyarakat ini, disalurkan dalam empat tahap. Untuk tahap pertama telah dicairkan sekitar Rp25 miliar yang dialokasikan ke setiap bidang prioritas, seperti bidang pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi dan infrastruktur.

“Dana otsus untuk tahun ini sudah masuk sekitar bulan Mei atau Juni lalu, dan untuk tahap pertama sudah disalurkan ke masing-masing pos. Total keseluruhan untuk tahap pertama sekitar 25 miliar,” ungkap Marten saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Senin (9/7).

Kata dia, mekanisme pencairan dana otsus masih sama dengan Dana Alokasi Khusus (DAK), dalam hal ini pengelola dana otsus wajib melimpahkan laporan penggunaan dana otsus tahap pertama, agar selanjutnya dapat mengajukan permintaan pencairan untuk tahap berikutnya.

Terkait hal tersebut, diharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pengguna anggaran dana otsus, agar dapat membuat laporan jika semua anggaran telah digunakan, sehingga proses pencairan dana tahap selanjutnya tidak terhambat.

“Pertanggungjawaban itu penting, dan ini harus dipahami oleh semua OPD. Kalau memang tahap pertama sudah di pakai maka segera buatkan laporannya. Jangan sampai laporan demi laporan di tumpuk sehingga saat ada BPK baru pontang-panting. Kami minta harus ada tanggungjawab,” katanya. (Acik)

Tinggalkan Balasan