LSM Kampak Biak Numfor Temukan Indikasi Penyimpangan DanDes

Indikasi Penyimpangan DanDes
Indikasi Penyimpangan DanDes
Indikasi Penyimpangan DanDes – Koordinator LSM Kampak Marinus Baransano dan Sekretaris Kampak Wilayah Biak Numfor Marthen Suruan. (Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.comIndikasi Penyimpangan DanDes.  Penggunaan dana desa (DanDes) di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, dinilai tak transparan kepada rakyat.

Indikasi Penyimpangan DanDes.  Hal ini berdasarkan pemantauan langsung Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kampak Biak Numfor. Menurut Koordinator LSM Kampak Wilayah Biak Numfor Marinus Baransano bahwa, pihaknya menemukan adanya indikasi penyimpangan dalam pengelolaan DanDes tersebut.

Ia menyebutkan, bahwa DanDes tak diperuntukkan sesuai dengan kebutuhan rakyat Biak Numfor, namun masih digunakan untuk kepentingan kepala kampung tanpa memikirkan kebutuhan rakyat.

Ketidak transparan penggunaan DanDes ditemukan oleh Kampak di lapangan (kampung). Sekretaris Kampak Wilayah Biak Numfor, Marthen Suruan dan Koordinator LSM kampak, Marinus Baransano mengaku sangat disayangkan.

Kata Baransano, DanDes pada tahap pertama tahun 2018 diduga digunakan oleh beberapa oknum kepala kampung ke Jakarta tanpa urusan yang jelas. “Mereka kepala Kampung ke Jakarta untuk apa?,” tanya Baransano, Selasa (10/7/2018).

Baca Juga:  Perkuat Kemampuan Manajerial SDM Pengelola Dana Desa

Akibat tidak menggunakan DanDes sesuai harapan rakyat, maka anak-anak yang hendak masuk dan melanjutkan pendidikan ke SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi dengan penggunaan DanDes bidang pendidikan tak bisa membiayai kebutuhan anak-anak tersebut.

Alasan itulah Baransano dan Rumkorem menyarankan kepada pihak penegak hukum di Biak Numfor untuk memantau langsung penggunan DanDes di kampung-kampung yang tersebar di wilayah Biak Numfor untuk penyelidikan penggunaan dan pemanfaatan DanDes tersebut.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung

The post LSM Kampak Biak Numfor Temukan Indikasi Penyimpangan DanDes appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan