Pemda Siapkan Anggaran Pelaksanaan FBLB

Denny/ Cepos
 Semarak pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) yang dipusatkan di Distrik Walesi Tahun 2017 lalu. Untuk pelaksanaan  FBLB tahun ini, Pemkab Jayawijaya sudah menyiapkan anggarannya. 

WAMENA-Menjelang persiapan pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB), Pemkab Jayawijaya telah mempersiapkan anggaran untuk dilakukan pelelangan kepada pihak ketiga sebagai penyelenggara.

Termasuk berupaya melakukan pembenahan sarana dan prasarana yang rusak di Distrik Walesi, lokasi pelaksanaan  FBLB.

Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo, mengakui, untuk pelaksanaan FBLB, Pemkab Jayawijaya telah menyiapkan anggarannya, hanya saja sampai saat ini masih dalam proses lelang, namun ada sedikit kekurangan menyangkut lokasi, di mana fasilitas yang dibangun Pemkab Jayawijaya alami kerusakan.

“Sekarang mereka mengajukan anggaran untuk perbaikan, namun perlu kita bahas karena itu tidak masuk dalam rencana anggaran Pemkab Jayawijaya, sehingga mungkin mereka ajukan dulu baru kita bahas untuk mencari solusinya,”ungkapnya Senin (9/7) kemarin.

Menurutnya, anggaran yang sudah disiapkan Pemkab Jayawijaya untuk pelaksanaan FBLB ada tiga yakni pertama untuk promosi dan yang kedua untuk pelaksanaan dan yang ketiga untuk karnaval. Ia mengharapkan Dinas Kebudayaan dalam waktu dekat rapat dan menghadirkan pihak ketiga guna memaparkan kesiapan mereka.

“Waktu kita hanya tinggal satu bulan lagi sehingga harus secepat mungkin melaksanakan apa yang sudah masuk dalam perencanaan sebelumnya agar pelaksanaan dapat berjalan lancar,”jelasnya.

Dengan sisa waktu selama satu bulan ini, kata Walilo, pihaknya melihat apa yang menjadi kekurangan khususnya untuk beberapa fasilitas yang rusak itu bisa dibenahi secepatnya seperti panggung, honai dan pengecetan.

“Ini tidak terlalu berat untuk menyelesaikan, nanti kami akan meminta orang untuk menyelesaikan itu, namun kita harus meminta petunjuk dari pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Jayawijaya,”katanya.

Ia menambahkan, untuk tahapan pelelangan sudah berjalan dan mungkin hari ini anggaran pertama sudah bisa dilakukan pencairan, sedangkan untuk pembayaran lahan tidak ada karena tahun lalu sudah menyerahkan dana Rp 200 juta seperti dana terima kasih untuk penyerahan lahan yang digunakan FBLB.

“Selama ini tidak ada pembicaraan untuk pembayaran lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan festival ini,”tambahnya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan