Rp600 Juta Dialokasikan untuk Perawatan Rutin Kantor Pusat Pemerintahan

Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika.

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Bagian Umum Setda Mimika mengalokasikan dana sebesar Rp600 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk perawatan rutin fasilitas gedung di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika.

Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Mimika, Petronela Adelce Uanmang mengatakan, anggaran sebesar Rp600 juta tersebut dinilai kurang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp800 juta. Dana tersebut dipergunakan untuk merawat secara rutin fasilitas seperti misalnya toilet, AC maupun pengadaan belasan tempat sampah.

“Saat ini kontraktor sedang melakukan pengerjaan, sifatnya ringan saja. Karena kami hanya perawatan gedung sehingga tidak memerlukan anggaran yang sangat besar. Pekerjaan sudah berjalan sejak Januari lalu dan sampai saat ini masih berjalan. Pemantauan di setiap gedung yang sedang dikerjakan, kita masih harus memperbaiki toilet yang rusak, perbaikan plafond gedung yang bocor dan pekerjaan yang bersifat ringan lainnya,” kata Adelce saat ditemui di Kantor Puspem, Selasa (10/7).

Untuk perawatan gedung secara rutin tidak harus menunggu anggaran setelah APBD ditetapkan, karena terkadang pekerjaan selalu dilakukan sebelum adanya penetapan APBD.

Dengan demikian, anggaran yang di alokasikan dari APBD hanya di pakai untuk menutupi biaya yang dikeluarkan oleh kontraktor.

“Karena itu, mau tidak mau kami harus bersepakat dengan kontraktornya supaya mau pakai anggaran mereka terdahulu. Nah, begitu APBD dicairkan, kami tinggal mengganti uang mereka. Ini sudah sering terjadi,” katanya. (Acik)

Tinggalkan Balasan