Kodim 1709/Yawa Gelar Upacara Pembukaan

Dirangkaikan Dengan Pengobatan Massal

JAYAPURA (PT) – Kodim 1709/Yawa menggelar upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-102 tahun 2018 di Kampung Serui Laut, Distrik Yapen Selatan, Kabupate Kepulauan Yapen.

Selain pembukaan upacara TMMD, juga dilanjutkan dengan pengobatan massal secra gratis yang turut diramaikan oleh sekitar 300 orang warga, Selasa (10/7/2018).

Adapun yang bertindak sebagai Irup pada upacara pembukaan TMMD ialah Assisten II Sekda Kepulauan Yapen, Gokman Simbolon, serta dihadiri oleh Kasiter Korem 173/PVB Letkol, Inf Ganda Simatupang, Dandim 1709/Yawa, Letkol Arh. Pulung Patria Daga, Kapolres Kep. Yapen AKBP. Penri Erison, Ketua Pengadilan Kep. Yapen, Yance Patiran, Ketua KNPI Kep. Yapen Mikha Runaweri, para Kepala SKPD dan Forkopinda Kep. Yapen serta para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh Adat.

Bupati Kep. Yapen yang diwakilkan Assisten mengatakan bahwa kegiatan TMMD merupakan sebuah kegiatan kemanunggalan yang patut diapresiasikan serta disambut secara baik oleh kita semua sebagai wujud perhatian dan dukungan TNI dalam rangkan lebih mempererat tali persatuan dan kesatuan ditengah-tengah realitas kehidupan bangsa.

Ia mengatakan, dengan adanya TMMD memberi kita gambaran tentang suatu pemahaman bahwa kapasitas dan fungsi peran TNI tak hanya sekedar untuk menjaga stabilitas dan pertahanan dan keamanan bangsa dan negara saja, melainkan TNI juga turut membantu mensejahterakan kehidupan masyarakat pedesaan.

Sehingga layak dikatakan bahwa keberadaan TNI adalah sesungguhnya merupakan anak kandung dari, oleh dan untuk rakyat, yang lahir atas kehendak rakyat dan diperuntukkan bagi kehidupan rakyat demi tercapainya kesejahteraan masyarakat luas.

“Selaku kepala daerah saya berpesan sekaligus mengajak masyarakat agar menerima manfaat dan mendukung segala kegiatan TMMD ini Tahun 2018 ini sebagai satu elemen pelaku pembangunan Daerah,” ujarnya.

“Kepada personil TNI di lapangan agar jadikanlah masyarakat sebagai saudara dan orang tua, tetap menghargai adat dan istiadat lokal, serta tingkatkan semangat kebersamaan dan gotong-royong ditengah-tengah kehidupan masyarakat setempat, karena itulah modal utama guna mensukseskan pelaksanaan TMMD di Tahun ini,” tutupnya.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan kembali dengan pengobatan massal yang di selenggarakan oleh Kodim 1709/Yawa melalui Poskes 17. 10. 06 Serui dan dibuka secara gratis bagi seluruh warga Kab. Kep. Yapen.

Masyarakat yang hadir sangat berantusias dengan kegiatan yang diseleranggarakan oleh Kodim tersebut, karena mereka bisa mendapatkan penanganan medis secara langsung tanpa mengeluarkan biaya.

“Kami merasa sangat senang dengan adanya pengobatan massal secara gratis yang diselenggarakan oleh Kodim, karena kami tak perlu lagi pergi jauh-jauh ke Kota untuk berobat. Selain itu, malalui kejadian-kejadian yang sebelumnya dengan obat-obat yang pernah diberikan oleh Bapak Tentara kami cepat sembuh, untuk itu kami tidak akan melewatkan kesempatan ini guna menyampaikan keluhan penyakit kami,” tutur Simon Bonay, salah satu warga Kampung Serui Laut.

Kaposkes Kodim Serui, Serka Saidi mengatakan, sejauh ini tak ada tindakan serius yang kami berikan kepada para warga. Dengan keluhan penyakit yang di derita, kami masih bisa mengatasinya dengan memberikan terapi obat-obatan serta penyuluhan terhadap pola hidup mereka.

Namun apabila ada warga yang mengalami kealuhan dengan penyakit yang serius, kami akan langsung mengambil tindakan lanjutan dengan melakukan evakuasi ke RSUD Yapen. (jul/dm)

Tinggalkan Balasan