Kartu Papua Sehat Akan Dihilangkan

Semua Masyarakat Harus Gunakan KIS Karena Berlaku Secara Nasional

KEEROM-Masyarakat Papua diharapkan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) guna mendapatkan pelayanan kesehatan, karena Kartu Papua Sehat (KPS) bakal dihilangkan. “2019 KPS akan distopkan, semua harus pakai BPJS dan Kartu Indonesia Sehat,”ujar Angota Komisi IX DPR RI, Robert Rouw saat berkunjung ke Kabupaten Keerom, Selasa, (10/7).

Dikatakan, dengan menggunakan anggaran negara, maka proses penggunan kartu KIS akan dibuat berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).”Semua harus diatur pemegang Kartu BPJS, KIS itu pakai NIK, karena itu  masyarakat harus miliki E-KTP,”ungkapnya.

Terkait hal itu, dia minta masyarakat untuk memiliki E-KTP dan mendaftarkan diri di BPJS.”Semua masyarakat harus punya NIK sehingga dapat memiliki kartu KIS,”ujarnya.

Ia menjelaskan, Kartu Papua Sehat hanya berlaku di Papua sedangkan  BPJS dan KIS berlaku secara nasional.”Jika dia dirujuk ke Makassar dan Bandung atau Jakarta, maka akan dilayani karena diberlaku secara nasional,” ujarnya.

Ia menambahkan, KPS yang menggunakan dana yang cukup besar tersebut bisa terjadi penemuan oleh BPK, sehingga KPS akan ditiadakan. “Dana dari KPS bisa digunakan untuk dana kesehatan lain dan pembiayaan fasilitas lainnya di Papua,” pungkasnya.(oel/tho)

Tinggalkan Balasan