Peringati HUT Koperasi ke 71, Diskop, UKM Resmikan Kopermas di Ipiri

Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Mimika, Ida Wahyuni. 

SAPA (TIMIKA) -  Memperingati  HUT Koperasi ke 71, Kamis 12 Juli (hari ini-red), Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop, UKM) Kabupaten Mimika tanggal 17 mendatang akan meresmikan Koperasi Masyarakat (Kopermas) di Ipiri, Distrik Amar. Peletakan batu pertama pembangunan gedung Kopermas tersebut  dilakukan oleh Bupati Eltinus Omaleng, SE.MH pada tahun lalu.

Plt Kadiskop, UKM Mimika, Ida Wahyuni  menjelaskan, sebelum meresmika Kopermas tersebut, tanggal 13 akan melakukan bakti sosial (Baksos) di Koperasi Makarti di SP1. Baksos akan didahului dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan membersihkan lingkungan dan kantor Koperasi Makarti.

“ HUT Koperasi ke 71  dilaksanakan tanggal 12 Juli. Tapi karena proses administrasi keuangan kami agak terlambat, makanya pelaksanaan rangkaian kegiatannya sedikit molor dan lewat dari tanggal puncak perayaannya. Sebelum peresmian Kopermas di Ipiri, kami juga akan laksanakan baksos di Koperasi Makarti SP 1,”  kata Ida Wahyuni  saat ditemui di Kantor Diskop, UKM, Jalan Restu, Rabu (11/7).

Ida mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka penguatan koperasi di Mimika. Sebab, tema nasional HUT Koperasi ke 71 tahun 2018 ialah, ‘Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional’. Dengan demikian, di Mimika juga akan berupaya membangkitkan kembali koperasi di Mimika yang selama ini vakum.

Salah satu upaya yang saat ini dilakukan menurut Ida adalah, menjalin kembali kerja sama dengan PT Pangan Sari Utama (PSU) agar bisa mengambil hasil tani lokal melalui koperasi untuk dipasokan ke PT Freeport Indonesia.

  Ø  Perkembangan  120 Koperasi Diperlombakan

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk mendorong semangat para pelaku Koperasi di Mimika, akan dilaksanakan lomba prestasi untuk 120 koperasi yang saat ini aktif.  Hasil lomba tersebut akan diumumkan bersamaan dengan persemian Kopermas di Kampung Ipiri.

Kategoti lomba tersebut akan dinilai dari segi sehat atau perkembangan koperasi sejak didirikan, baik secara administrasi, Anggaran Dasar  Rumah Tangga (ADRT) serta beberapa indikator lainnya yang menunjang kategori sebagai koperasi berkembang. Koperasi yang meraih predikat I, II, III, harapan I,II dan III akan diberikan pelatihan dan pengembangan lebih lanjut.

Menurut Ida, lomba itu juga dilakukan untuk merangsang pertumbuhan Koperasi, karena pengurangan karyawan PTFI berdampak pada peningkatan koperasi.

Ia juga menjelaskan, dari 120 koperasi aktif, terdapat 67 yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), 17 sedang dalam persiapan RAT dan sebanyak 36 lainnya sedang dalam proses follow up oleh tim Diskop EK.

“Kita laksanakan lomba juga untuk semua koperasi supaya memberi dorongan semangat. Harus diberikan semangat mengingat Koperasi itu sebagai pendorong ekonomi nasional. Nanti dari semua koperasi itu kita nilai sejauh mana pengembangan mereka, karena kemarin juga ada dari Diskop Provinsi yang datang memberikan penilaian,” jelasnya.

Berkaitan dengan peringatan HUT Koperasi Nasional ke 71,  Ida mengharapkan  agar semua koperasi di Mimika harus sesuai dengan tujuan dasar. Di mana, tujuan pembangunan koperasi untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat selaku anggotanya. Sebab jika kesejahteraan anggota bisa terjamin, maka penguatan ekonomi nasional pun bisa terjamin.

“Kalau penguatan ekonomi melalui koperasi itu bisa mensejaterahkan anggotanya, pasti bisa mendongkrak ekonomi kabupaten sampai ke tingkat nasional. Kerena pengembangan ekonomi itu di mulai dari level yang paling bawah yaitu, anggota-anggota koperasi itu sendiri,” katanya. (Acik)

Tinggalkan Balasan