Satlantas Polres Mimika Gelar Razia di Jalan Cendarawasih

Satlantas Polres Mimika menggelar razia kendaraan di jalan cenderawasih, Kamis (12/7).

*Pengendara Diminta Miliki Kesadaran Sendiri, Bukan karena Ada Polisi
SAPA (TIMIKA) – Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Mimika menggelar razia kendaraan di jalan cenderawasih tepatnya di depan kantor Polres Mimika, Kamis (12/7) sekitar pukul 08.30 WIT. Dalam razia ini Polisi berhasil mengamankan puluhan sepeda motor dan mobil.

Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Indra Budi mengatakan, razia ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Satlantas Polres Mimika. Setelah beberapa kali dilakukan teguran lisan, saatnya dilakukan penindakan bagi kendaraan yang melanggar aturan.

“Selama ini dalam razia, Polantas Polres Mimika sudah menyampaikan imbauan dan teguran terkait pelanggaran lalu lintas oleh pengendara di jalan raya,” kata AKP Indra kepada wartawan Salam Papua di sela-sela razia di Polres Mimika jalan Cenderawasih, Kamis (12/7).

Menurut dia, sasaran pada razia kali ini adalah pelanggaran yang kasat mata bagi kendaraan roda dua. Sedangkan untuk roda 4  berupa plat  nomor yang dibuat sendiri oleh pemiliknya dan  tidak sesuai standar. Pengendara yang melanggar dikenai tindakan langsung atau tilang.

“Pelanggaran yang kita sasar merupakan pelanggaran yang hanya kasat mata saja, seperti pengendara tidak menggunakan helm, tidak menggunakan kaca spion dan pengendara sepeda motor lebih dari 2 orang,” ujarnya.

Puluhan kendaraan bermotor yang terjaring razia, dia mengaku, didominasi pelanggaran karena pengendara dan boncengannya tidak mengguna helm. Razia ini akan selalu dilakukan mengingat jalan Cendarawasih dalam waktu dekat akan dijadikan jalur tertib berlalu lintas di kota Timika.

Wacana ini menurut dia, sudah disampaikan kepada Kasi Lalu Lintas perhubungan dan sudah disetujui.

“Kenapa kita sering razia di jalan Cendararasih, Kar3na jalan Cendarawasih akan menjadi contoh tertib berlalu lintas di kota Timika. Kita ingin masyarakat tahu wacana ini,” ungkapnya.

Dia pun mengimbau kepada pengendara di kota Timika agar mematuhi aturan dan tata tertib dalam berlalu lintas. Jangan hanya karena ada polisi, baru tertib berlalu lintas. Tapi harus karena dari kesadaran diri sendiri.

“Kita imbau kepada pengendara agar dalam tertib berlalu lintas berasal dari kesadaran diri sendiri bukan karena ada Polisi,” tambahnya. (Tomy)

Tinggalkan Balasan