Batalyon B Brimob Polda Papua Pengendali Upacara HUT RI di Mimika

Ilustrasi- Upacara HUT RI.

SAPA (TIMIKA) - Batalyon B Brimob Polda Papua yang bermarkas di Jalan Agimuga-Mile 32, Kabupaten Mimika, akan memegang kendali pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 73 yang rencananya akan digelar di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika 17 Agustus mendatang.

Hal ini disepakati dalam pertemuan persiapan panitia pelaksanaan HUT RI ke 73 Pemkab Mimika, yang diketuai oleh Plh Asisten Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Mimika, I Nyoman Putu Arka. Dalam forum itu disepakati dan menentukan Batalyon B Brimob sebagai seksi upacara.

Setelah tugas itu dilimpahkan, Batalyon B Brimob akan mulai merekrut anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra). Direcanakan perekrutan akan dilakukan di sembilan sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) se-Mimika.

“Setelah ada data sekolah dan surat rujukan dari dinas pendidikan, kami akan langsung ke sekolah-sekolah yang ditunjuk. Kemungkinan kita akan merekrut ke sekolah yang dalam wilayah kota saja termasuk di SP 5. Anggota paskibra akan disesuaikan dengan kriteria baik tinggi badan, berat badan, kesehatan dan hal lainnya,” ungkap Kordinator Pelatih Paskibra, Djimy Reinhhard, saat menghadiri pertemuan persiapan panitia di lantai III Gedung A, Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Kamis (12/7).

Djimy juga mengatakan, pihaknya akan berupaya memaksimalkan perekrutan, meski diketahui, saat ini masih ada sebagian sekolah yang belum aktif pasca-liburan hari raya idul fitri. Sehingga, jadwal perekrutan ke setiap sekolah sedikit terlambat.

Latihan awal paskibra akan dilaksanakan di lapangan Mako Batalyon B Brimob, Jalan Agimuga-Mile 32. Selanjutnya disaat mendekatai hari puncak peringatan, akan difokuskan di lapangan kantor Puspem agar medannya bisa lebih dikenal sekaligus memantapkan formasi pasukan.

“Untuk pasukan 45 akan kami rekrut anggota di satuan kami. Karena itu kami berharap, hari Jumat (hari ini-Red) Disdik sudah bisa mengedarkan suratnya ke setiap sekolah, dan juga untuk pegangan kami agar kami juga bisa langung menuju ke sekolah-sekolah itu,” terang Djimy.

Anggota Paskibraka Wajib Diberikan Sertifikat
Terkait perekrutan anggota paskibra yang merupakan siswa-siswi SMA/SMK, Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengharapkan agar semua anggota paskibra harus diberikan sertifikat selepas perayaan HUT RI. Sertifikat tersebut harus ditandatangani oleh Bupati Mimika sebagai suatu pegangan jika kelak para anggota paskibra akan menggunakannya untuk mendaftar sebagai anggota TNI atau Polri.

Selain itu, pemberian sertifikat paskibra juga akan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi setiap anggota paskibra selain menerima honor. Sebab, sertifikat itu juga akan menjadi salah satu bukti atas prestasi dalam dunia pendidikan.

“Ini penting untuk menjadi pegangan anak-anak kita. Jadi bukan hanya karena ada honornya, tapi sertifikat akan menjadi lebih besar artinya untuk bekal mereka, baik tes polisi, TNI dan Brimob maupun untuk kepentingan lainnya,” kata Kapolres Agung Marlianto. (Acik)

Tinggalkan Balasan