Nama Baru Kantor Imigrasi

Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian, Dede Sulaiman.

SAPA (TIMIKA) – Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura resmi diganti namanya menjadi Kantor Imigrasi Kelas II Mimika. Hal ini berdasarkan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia per tanggal 19 Maret 2018.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Mimika Samuel Jesaja Enock, SH melalui Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian, Dede Sulaiman, mengatakan meski sudah terjadi pergantian nama, namun nama tidak serta merta langsung berganti. Saat ini, prosesnya masih terus berjalan termasuk persiapan untuk membentuk Kantor Imigrasi Tembagapura.

"SK dari Menteri Hukum dan HAM mengenai perubahan status tersebut sejak tanggal 19 Maret lalu sudah keluar," kata Dedi saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (12/7).

Perubahan nama kantor, kata Dedi, sangat penting dalam rangka meningkatkan cakupan dan jangkuan pelayanan di wilayah Kabupaten Mimika. Di mana, perubahan nama atau status dari Tembagapura menjadi Mimika, berdasarkan nomenklatur Kementerian Hukum dan HAM terkait pendirian kantor yang harus disesuaikan dengan nama kabupaten dimana kantor Imigrasi tersebut berada.

"Perubahan ini berdasarkan nomenklatur Kemenhumkam, dari Tembagapura menjadi Mimika," ujarnya.

Setelah perubahan nama, Keimigrasian Mimika akan membangun unit kerja di wilayah Tembagapura sebagai bentuk pelayanan langsung ke warga negara asing (WNA) yang berada di wilayah itu. Hal ini juga sekaligus untuk mendekatkan diri ke masyarakat dan untuk mempermudah proses pembuatan dokumen keimigrasian.

"Unit kerja Kantor Imigrasi Tembagapura nantinya akan melayani wilayah Tembagapura," ujarnya. (Tomy)

Tinggalkan Balasan