Legistator Minta Taman Budaya Expo Di Evektifkan

Jayapura,Tiruupapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) John N.R Gobay mengkonsolidasi seniman Papua untuk melakukan mengetifkan taman budaya Expo.

John mengatakan, taman budaya ini aset penting yang pemerintah lupakan. Sejak tahun 1996 kompleks expo itu kemudian tidak difungsikan.

“Itu aset pemerintah provinsi dari dinas kebudayaan. Ini kebudayaan sebab bicara jati idiri itu bicara mengenai identitas. Kita tidak bisa bicara bangsa yang identitas budayanya hancur,” kata John Gobay kepa tiruupapua.com

John Gobay ketika memberikan keterangan pers -tiruupapua.com
, (22/6/2018).

John mengatakan, pihaknya bersama seniman-seniman Papua sudah berkomitmen agar terus membangun sebuah taman budaya dengan mengefektifkan taman budaya Expo.

“Taman budaya di Waena Distrik Heram itu harus di lengkapi dengan tempat art shopnya ada cafe cafenya, perpustakaan buku buku papua, agar menjadi pusat kebudayaan Papua,” katanya.

Lanjut John, pemerintah Provinsi Papua harus mengaktifkan kembali. Apabila ada manusia yang tiggal di area ekspo harus direlokasi oleh pemerintah.
“Kemudian tempat itu diaktifkan kembali sebagai taman budaya papua pelestarian dan pengembangan budaya papua,” katanya.

John mengatakan, pemerintah berkewajiban menyediakan taman budaya, untuk pelestarian budaya lokal agar kebudayaan itu dapat terlestari.

“Agar regulasi nomor delapan itu bisa dilaksanakan atau taman budaya dilaksanakan itu bisa dilaksanakan kalau regulasi itu bisa jalan taman budaya dilakukan,” kata John.

Ketua Dewan adat Paniai mengatakan, seniman-seniman akan membentuk tim advokasi untuk mendatangi DPRP datangi gubernur, agar segera di fungsikan.

“Kami meminta agar pemerintah Provinsi Papua dukung untuk menertibkan kompleks taman budaya di Kota Jayapura,” katanya.

Kata John, jikalau sudah direnovasi bisa dilakukan perminggu pentas muisk mencari membangun Art shop membaca orang CSA hiburan mencari informasi tentang Papua.

“Kebudyaaan Papua bisa lesatari dan deikenal baik oleh warganya sendiri, adanya kawin campur kebudayaanya itu akan menunjukan identitas bangsa papua tidak bisa kita bangun satu bangsa yang identitasnya sudah hancur itu yang kami lihat oleh karena itu pemprov sudah buat perdasus turunan dari otsus untuk berjalan maka taman budaya harus dibangun,” katanya.
Sementara itu seorang Seniman Semi Simson mengapresiasi Dewan Perwakilan Rakyat Provinis Papua yang menginisiasi untuk mengevektifkan taman budaya di Ekspo,Waena untuk menigkatkan kebudayaan Orang Asli Papua.

“Menurutnya sudah sekian lama pihak pemerintah tidak memeprhatikan hal ini. Pahal ini sangat penting karena untuk sebuah bangasa yang besar kebudayaanya harus hidup,” katanya.

The post Legistator Minta Taman Budaya Expo Di Evektifkan appeared first on Tiruu Papua.

Tinggalkan Balasan