Yan Mandenas Terpilih  Ketua HKTI Papua

JAYAPURA (PT) – Yan Permenas Mandenas, S.So, M.Si akhirnya trerpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Papua.

Hampir 10 tahun kepengurusan DPP HKTI Provinsi Papua
mengalami kevakuman, namun kepengurusan itu kini aktif kembali,

Sekedar diketahui aktifnya HKTI Papua ini ditandai dengan digelarnya Musyawarah Provinsi (Musprov) HKTI Papua yang dibuka oleh Plh. Ketua Bidang OKK DPN HKTI, HG Totok Sugiyarto di Hotel Aston Jayapura, Rabu (25/7/2018).

Dalam Musprov HKTI Papua itu, Yan P Mandenas yang juga sebagai Ketua Komisi V DPR Papua, sebelumnya dipercaya menjadi Plt. Ketua DPP HKTI Papua.

Ketua terpilih, Yan Mandenas menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar HKTI seluruh Indonesia bisa.

Artinya, HKTI Papua dan HKTI indonesia bisa jadi jembatan penghubung masyarakat tani di Indonesia, agar mencapai swasembada pangan.

“Jika pangan ini tidak ada strategi yang baik dalam mengelolanya, maka akan menjadi krisis pangan nasional dan bisa menjadi ancaman kehidupan masyarakat Indonesia,“ jelasnya.

Ia mengaku, dirinya
sempat diminta langsung oleh Jenderal (Purn) Moeldoko untuk memimpin HKTI Papua dan ia menyatakan siap.

Menurut Yan, Papua mempunyai potensi yang sangat besar dalam bidang pertanian maupun perikanan.

“Petani dan nelayan Papua terisolir dengan akses pasar nasional maupun inetrnasional, sehingga belum berkembang maksimal, padahal menjadi potensi unggulan di Papua,” ucapnya.

“Kami berharap aktifnya organisasi HKTI Papua ini akan mampu mendorong petani dan nelayan di Papua untuk mengembangkan usahanya ke depan,“ harapnya. (ara/dm)

Tinggalkan Balasan