Babinsa Koramil 1707-05/Merauke Survei Kadar Air Gabah

JAYAPURA (PT) – Dalam mewujudkan swasembada pangan diwilayah yang telah diprogramkan oleh pemerintah, berbagai kegiatan pendampingan kepada para petani terus dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 1707/Merauke.

Pendampingian ini dengan harapan dapat meningkatkan hasil panen yang berkualitas dan memberi motivasi serta dapat membantu meringankan beban para petani.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa, Kopda. Mamat Wasono melaksanakan pendampingan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Merauke dalam melakukan kegiatan Survei Konfersi Gabah ke Beras (SKGB) terhadap padi milik Wito yang merupakan salah satu petani Kampung Sumber Rejeki Distrik Kurik Kabupaten Merauke.

Pada kesempatan tersebut Babinsa. Mamat mengatakan bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Merauke secara rutin melaksanakan survei terhadap gabah milik para petani guna menjaga kwalitasnya sehingga setelah digiling nanti menjadi beras yang bagus.

Sedangkan menurut Andi Purwanto yang merupakan petugas survei dari Dinas Pertanian Kabupaten Merauke mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui kadar air dalam gabah sehingga dapat menentukan gabah tersebut sudah atau belum bisa digiling untuk menjadi beras.

“Kalau kadar air masih tinggi kemudian dipaksakan untuk digiling maka beras banyak yang pecah. Oleh karena itu, kadar air dalam gabah sangat mempengaruhi terhadap kwalitas beras yang akan didapat nantinya.” ungkap Andi usai melakukan survei. (jul)

Tinggalkan Balasan