1000 Tenaga Kerja Informal Terima Bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan

Sekda Mimika, Ausilius  You menyerahkan bantuan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

SAPA (TIMIKA) – Memperingati HUT RI ke 73 tahun 2018, BPJS Ketenagakerjaan cabang Mimika, memberikan bantuan perlindungan kepada 1000 tenaga kerja informal yang sudah  mengabdi di beberapa Distrik terjauh yang ada di Kabupaten Mimika.

Pjs Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Harianjas P. Kamase mengatakan, tenaga kerja penerima manfaat ini telah terdata oleh tim pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang berada di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mimika.  

“Sebenarnya pemberian bantuan perlindungan ini diberikan kepada 16 ribu pekerja informal rentan yang sudah terdaftar di Dinsos. Tapi setelah kita jalani selama tiga hari, yang terdaftar di Dinsos lebih dari 1000 tenaga kerja. Hari ini kami serahkan kepada perwakilan lima distrik saja. Pekerjaan mereka ini ada yang petani, nelayan dan buruh,” kata Harianjas dalam sambutan singkatnya di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Jumat (10/8).

Harianjas menjelaskan bahwa ke depannya, akan lebih gencar lagi menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga  yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga bisa memberikan perlindungan kepada setiap pekerjanya. Dalam hal ini, hak perlindungan yang harus diterima oleh setiap pekerjanya yaitu, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian.

Dengan demikian, apa bila terjadi kecelakaan kerja, maka BPJS Ketenagakerjaan yang akan menanggung sepenuhnya. Sementara  jika terjadi kercelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia, maka keluarga korban akan diberikan santunan sebesar Rp 24 juta.

“Bantuan ini juga kami lakukan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73. Kami sangat berterimakasih kepada Dinsos atas bantuannya mendata penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya. (Acik)

Tinggalkan Balasan