Ketua DPRD Nilai PAD Menurun Karena Utang dan Dikelola Banyak Tangan

Ketua DPRD Mimika Elminus Mom.

SAPA (TIMIKA) – Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom, menilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) menurun karena adanya utang dan dikelola banyak pihak. Pemkab Mimika sendiri juga kurang melakukan kontrol.

“Seandainya PAD diserahkan melalui satu pintu, maka bisa saja pendapatan tersebut membengkak. Tapi karena terlalu banyak tangan yang mengelolanya, maka pendapatan itu menurun dan akhirnya hanya begitu saja,” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor DPRD Mimika, Jumat (10/8).

Ia mengatakan, sampai saat ini Pemkab Mimika tidak terbuka mengenai PAD. Pendapatan tersebut hanya dikelola dan diketahui Pemkab. DPRD hanya fokus menjalankan fungsi pengawasan sehingga hanya menerima laporan, khususnya soal utang Pemkab Mimika.

“Jika saja PAD dikelola hanya melalui satu pintu, bisa jadi pendapatan mencapai Rp 6 Triliun sampai Rp 7 Triliun,” ujarnya.

Elminus berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  dapat meminimalisir celah utang yang ada.

“Alasannya pinjaman lah, sampai utang yang berlebihan,” katanya.

“Kami harap agar OPD-OPD dapat meminimalisir celah-celah yang ada.  Sehingga pengelolaan program dan pendapatan daerah dapat dilaksanakan secara terukur dan terarah,” tambah Elminus. (Salma)

Tinggalkan Balasan