Kelompok Tani Woria Kembangkan Tanaman Holtikultura

Ketua Kelompok Tani Woria Star, Rein Arobaya saat menunjukkan bibit jeruk yang sudah ditanam di area lahan seluas 4 hektare di Kampung Tatui, Kabupaten Yapen, Jumat, (31/8). (FOTO:  Sinambela/Cepos)

SERUI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yapen terus mengembangkan sektor pertanian, salah satunya adalah pengembangan holtikultura. Kini hampir semua kampung dan distrik di Kabupaten Kepulauan Yapen tengah dikembangkan ho;tikultura. Khususnya di kawasan Distrik Kosiwo tepatnya di Kampung Tatui, tanaman jeruk manis, durian dan mangga sedang digalakkan.

Ketua Kelompok Tani Woria Star, Rein Arobaya kepada Cenderawasih Pos mengaku, ia bersama kelompoknya begitu bersyukur dan berterima kasih atas bantuan bibit jeruk manis sebanyak 400 pohon dari pemerintah melalui dinas pertanian. “Kawasan lahan seluas 4 hektare, kami sedang tanami berbagai macam tanaman holtikuktura,”ujarnya seraya menambahkan bantuan yang lain seperti pupuk masih ia butuhkan.

“Melihat kawasan yang sangat luas, pupuk banyak dibutuhkan. Karena itu kami mengharapkan pupuk diberikan pemerintah,” imbuhnya. Bantuan 400 bibit jeruk manis, kata 3 ayah anak ini, ditanam untuk lahan seluas 4 hektare secara berkelompok. “Hari-hari saya habis merawat dan mengurus seluruh tanaman,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak anggota kelompoknya agar rajin bekerja dan menggerakkan pembukaan lahan baru. “Jangan kita hanya berpangku tangan berharap bantuan seluruh diberikan pemerintah. Tetapi kita harus pacu supaya kita lebih rajin membuka seluruh lahan pertanian yang sangat kaya raya,”terangnya. (rin/tho)

Tinggalkan Balasan