Miliki ATCS, Jayapura Tak Kalah dengan Metropolitan 

Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM, Kapolres Kota Jayapura dan Muspida saat melihat layar dari ruang control ATCS di lantai I Kantor Wali Kota Jayapura, usai diresmikan, Jumat (31/8) kemarin.(FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kota Jayapura terus berupaya untuk mewujudkan  Smart City di Wilayah Timur Indonesia. Untuk itu, segala pelayanan publik harus bisa terkoneksi secara online, mulai dari pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan dan kelancaran lalu lintas dan transportasi public di jalan raya.

  Dimana, untuk membantu memperlancar arus lalu lintas di Kota Jayapura, Jumat (31/8) kemarin, Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Jayapura, yang merupakan  satu-satunya yang ada di Tanah Papua telah diresmikan pengoperasian. Dengan adanya ACTS ini, Kota Jayapura kini tak kalah dengan kota-kota metropolitan di daerah lain di Indonesia.

  “Dengan ACTS ini bisa mendukung  terciptanya optimasi kinerja jaringan jalan dan sebagai sistem koordinasi pengaturan lalu lintas di setiap persimpangan.”ungkap  Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM, saat meresmikan pengunaan ATCS dan ruang Kendali  ATCS di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (31/8) kemarin.

    “Kota Jayapura, sudah tidak kalah dengan Kota-kota besar lainnya di luar Papua, karena kita sudah ditunjuk menjadi Kota Smart City semua pelayanan publik harus dilakukan secara online dan terkoneksi, termasuk adanya pembangunan ATCS ini,” sambungnya.

     Dengan adanya ATCS di Kota Jayapura, menurut Tomi Mano, nantinya juga bisa sebagai sarana memberikan informasi langsung kepda masyarakat. Sebab,  di area pemasangan ATCS   dipasang speaker, dan bisa dikendalikan maupun dilihat langsung di  layar monitor, sehingga jika ada kejadian atau informasi imbauan bisa langsung disampaikan di ruang monitor.

  “Pemasangan ATCS juga sangat membantu pihak kepolisian, karena bisa mengecek kendaraan-kendaraan di jalan, jika terjadi sesuatu,” jelasnya.

  Untuk itu, Wali Kota sangat mengucapkan terimakasih kepada Menteri Perhubungan RI, yang telah membantu Pemkot Jayapura dalam memasang ATCS, sekaligus membangun Terminal Tipe A Entrop. Diharapkan, para operator di ruangan ATCS sudah harus dibekali ilmu dan skill yang kompeten, supaya bisa bekerja   sesuai Tupoksi.

   Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXV Papua dan Papua Barat Putu Sumarjaya, M.Sc.,mengungkapkan bahwa pembangunan ATCS di Indonesia ditargetkan ada sekitar 25 ATCS yang dibangun sampai tahun 2019. ACTS ini  dipasang di kota-kota besar, dan kini sudah terpasang seperti di Jakarta, Surabaya, Depansar, Bogor, termasuk di Kota Jayapura.

  “Untuk pembangunan ATCS di Kota Jayapura ditargetkan ada 7, namun kini baru tahap pertama terbangun 4 yang ada di simpang tiga Waena, simpang tiga  Kotaraja, simpang tiga Abepura-Kotaraja, dan simpang tiga gerilyawan Abepura. Dari empat, dua diantaranya  sudah bisa kita atur lampu  trafic light langsung dari ruangan control,  dan duanya baru hanya monitoring dari ruangan,’’jelasnya.

  Ditambahkan, juga nantinya mudah-mudahan tahun depan, akan ada lagi pemasangan ATCS, karena saat ini layarnya di ruangan control sudah disiapkan.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan