Pemkab Yalimo Dorong Kamika Jadi Permukiman Baru

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Yalimo, Yan Ukago.(Foto-Wtc)

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yalimo mendorong rencana menjadikan daerah Kamika sebagai kawasan permukiman baru yang difungsikan sebagai tempat istirahat bagi warga pelintas jalan trans-Papua.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Yalimo Yan Ukago, di Jayapura, Jumat (14/9), mengatakan pihaknya berencana mengembangkan wilayah baru di daerah Kamika guna mendukung keberadaan jalan trans-Papua.

"Jalan trans-Papua yang menghubungkan Kabupaten Jayapura dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya berada di tengah hutan belantara dengan panjang jalan kurang lebih 400 kilometer dan melewati daerah Kamika," katanya.

Menurut Yan, jika di tengah hutan belantara, secara psikologis berjarak 20 kilo meter tidak masalah, tapi kalau sudah sampai 50 kilo meter atau 80 kilo meter di tengah belantara, harus ada pengembangan wilayah baru.

"Konsep pengembangannya tidak langsung seperti pembangunan di wilayah kota, sebab ini merupakan hutan belantara, dan kawasan hutan lindung juga harus dijaga," ujarnya.
 Dia menuturkan akan memibuat konsep, bahwa masyarakat yang lewat dapat sekaligus melihat langsung atau berwisata di kawasan hutan lindung yang dilintasi jalan trans-Papua.

"Kini kami telah mengundang konsultan yang berkompeten untuk melakukan desain perencanaan," katanya.

Dia menambahkan hampir 50 persen masuk wilayah Kabupaten Yalimo, lalu sepertiganya masuk wilayah Kabupaten Jayapura, dan sebagian lagi masuk wilayah kabupaten Jayapura dan Keerom bagian jalan trans-Papua merupakan salah satu program Nawacita Presiden Joko Widodo untuk membuka keterisolasian Papua dan menurunkan tingkat kemahalan harga barang. (Ant)

Tinggalkan Balasan