PUPR Harap Proyek GEL Motivasi Pengusaha OAP

Kepala Dinas PUPR Papua Girius Yoman.(Foto-PUPR)

SAPA (JAYAPURA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua mengharapkan pemberian proyek bagi pengusaha Golongan Ekonomi Lemah (GEL) yang merupakan Orang Asli Bumi Cenderawasih (OAP) dapat memotivasi peserta untuk mampu bekerja sendiri dan meraih sukses.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua Girius Yoman, di Jayapura, Jumat (14/9), mengatakan pembagian dana proyek GEL tersebut sudah diatur sesuai dengan kondisi daerah, harga satuan barang di lapangan karena letak geografis dan akan diatur oleh masing-masing kelompok kerja (pokja) GEL.

"Untuk itu, kami juga akan melakukan pengecekan kembali dokumen perusahaan dari 388 pengusaha GEL OAP yang sudah siap mengerjakan proyek pembangunan infrastruktur," katanya.

Menurut Girius, ke-388 nama pengusaha GEL yang tercatat di PUPR tidak ada perubahan tapi perlu dicek kembali dokumen-dokumen yang ada, bagaimana jika perusahaan sudah tidak ada lagi tapi masih terdaftar dan itu tidak di luar dari pengusaha OAP.

"Dari 388 pengusaha GEL itu semua pengusaha asli Papua hanya beberapa hal yang terjadi kekeliruan atau kurang mungkin perusahaan satu tapi salinan tiga atau empat terus ada yang surat-surat sudah mati," ujarnya.

Dia menjelaskan diminta perusahaan untuk segera memperbaiki adminstrasi karena pada Jumat (7/9) pekan lalu sudah diumumkan dan dilakukan pengecekan profil perusahaan, setelah itu perencanaan turun lapangan langsung dikerjakan.

"Diingatkan kembali, selain itu, dana GEL yang akan dikelola setiap pengusaha sesuai kondisi geografis dan harga satuan barang di wilayah pegunungan dan pesisir Provinsi Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan satu pengusaha GEL mengelola anggaran disesuaikan dengan kondisi harga satuan barang di lapangan seperti di daerah pegunungan bisa mengelola Rp500 juta ke atas, sedangkan daerah pesisir di atas Rp100 juta. (Ant)

Tinggalkan Balasan