Dewan Sarankan OPD Bentuk UPTD

Yohanis Wantik.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) - Anggota DPRD Mimika, Yohanis Wantik, mengatakan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) guna meringankan beban pekerjaan yang dikerjakan. Ia menilai, lantaran berat beban kerja menyebakan OPD tidak dapat melaksanakan pekerjaan secara maksimal.

“OPD yang baru kita sahkan dan perda-kan seharusnya melahirkan UPTD untuk membantu kinerja OPD. Dengan demikian, nantinya semua teknis-teknis dikerjakan oleh UPTD-UPTD tersebut, akhirnya OPD-OPD ini kerjanya jadi tidak berat,” ujar Yohanis Wantik ketika ditemui awak media di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih pada Kamis (13/9).

Hal tersebut, kata dia, sangat dibutuhkan. Pasalnya jumlah OPD yang ada di Kabupaten Mimika hanya sedikit dan dengan peranan yang cukup penting.

“Contohnya dinas pendidikan. Ini sangat berat beban kerjanya. Karena apa? Kita bicara masalah pendidikan ini ada formal dan non formal, dan itu peran UPTD untuk membantu sangat dibutuhkan. Kemudian kesehatan, kita bicara rumah sakit dan lain-lain itu perlu UPTD,” jelasnya.

Untuk mewujudkan itu, menurut dia, diperlukan sebuah koordinasi. Sekertaris Daerah (Sekda) maupun Kepala OPD harus memberitahukan hal tersebut kepada Bupati. Sehingga, jika disetujui, selanjutnya akan dibuatkan Peraturan Bupati (Perbub).

“Sebelum mengeluarkan peraturan bupati tersebut sebaiknya harus dikoordinasikan dengan gubernur terlebuih dahulu, karena menyangkut beban daerah yang semakin berat,” ujarnya sembari berharap jika ada UPTD maka selain bisa meringankan beban kerja tiap OPD, pekerjaan-pekerjaan pun bisa selesai tepat waktu dan anggaran bisa terserap dengan baik dan maksimal.

“Segeralah buat peraturan bupatinya, karena beban kerja daerah ini semakin berat, maka UPTD itu harus disiapkan,” ujarnya. (Salma)

Tinggalkan Balasan