BPKAD Optimis Realisasi Pajak Over Target

Denny/ Cepos
 Kepala BPKAD Jayawijaya, Semuel Patasik

WAMENA—Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jayawijaya mengklaim penerimaan daerah khususnya dari sektor pajak pada 2018 ini melampaui (over) target.

Kepala BPKAD Jayawijaya, Semuel Patasik mengatakan, target penerimaan pajak dan retribusi untuk Tahun 2018 ini sebesar Rp13 miliar, ini sesuai realisasi tahun sebelumnya.

Untuk 2018 ini, kita menargetkan sesuai realisasi tahun lalu yakni Rp 13 miliar, namun untuk per-hari ini, realisasi pajak daerah sudah mencapai Rp 12 miliar, artinya masih ada waktu dua bulan kedepan untuk mengejar target, kita optimis bisa over target,ungkapnya saat ditemui di Kantor Bupati Jayawijaya, Rabu, (10/10).

Untuk pajak tersebut, kata Samuel, ini ditarik dari pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak hiburan, pajak biaya atas hak tanah dan bangunan, pajak bumi dan bangunan dan pajak mineral dan logam yang terdiri dari galian C seperti pasir, batu dan lainnya, sementara pajak terbesar dihasilkan dari pajak hotel dan restoran.

Pemungutan pajak yang terbesar ini ada hotel dan restoran yang ada di Jayawijaya, kita menyakini target tahun ini bisa melampaui target yang diberikan kepada kami,katanya.

Menurutnya, tahun ini sebenarnya ada sedikit gangguan dimana Pilamo Hotel kontribusinya sangat besar, namun saat ini dalam keadaan rehab, ini sedikit berpengaruh, namun hotel yang lain juga tumbuh dengan baik sehingga bisa menutupinya.

Sementara untuk Hotel Grand Baliem setelah beroperasi bisa dipungut pajak yang cukup besar karena ada restoran, tempat hiburan seperti karoke yang bisa dipungut. Pajak hotel ini paling besar, kami harapkan untuk hotel-hotel yang dibangun ini bisa beroperasi sehingga bisa dipungut pajaknya,tambah Samuel.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan