Pemkab Yahukimo Buka Jalan Sepanjang 37 KM

Suasana penyerahan surat pelepasan tanah untuk pembukaan jalan Yamote-Panggema kepada Sekda Yahukimo Taruli Maniagasi di Kampung Yamote, Distrik Popugoba, Kabupaten Jayawijaya, Senin (8/10).

Dari Titik Nol Perbatasan Jayawijaya-Yahukimo

WAMENA—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo secara resmi membuka jalan antar distrik dari titik nol perbatasan antara Kabupaten Jayawijaya di Kampung Yamote, Distrik Popugoba menuju Panggema, Kabupaten Yahukimo, Senin (8/10). Rencananya, jarak jalan yang akan dibuka ini sepanjang 37 kilo meter (KM).

Bupati Yahukimo, Abock Busup yang diwakili Sekda Yahukimo, Taruli Maniagasi mengatakan, pembukaan jalan dari Yogotem ke Panggema ini merupakan salah satu dari lima ruas jalan yang di-Perdakan oleh Pemkab Yahukimo.

Pemkab dan DPRD telah bikin Perda untuk 5 ruas jalan. Kami berharap 3-4 tahun bisa rampung dan dapat digunakan masyarakat,ungkap Sekda Taruli Maniagasi setelah resmi melaunching pembukaan jalan di Kampung Yamote, Distrik Popugoba, Jayawijaya, kemarin.

Bupati Yahukimo, kata Taruli berkomitmen mewujudkan kebangkitan masyarakat sehingga dalam kepemimpinannya akan terus mendorong terbukanya akses jalan antar distrik.

Kami pemerintah berharap setelah jalan ini terbangun, maka semua permasalahan kemiskinan, ketertinggalan dan kesulitan akses transportasi bisa teratasi. Dengan adanya jalan ini, kita bisa ketemu dengan dokter, bisa beli sesuatu ke kota. Jalan ini menjadi kebutuhan masyarakat di wilayah Angguruk,jelasnya.

Sekda Maniagasi juga berpesan kepada masyarakat setempat agar mendukung program pembukaan jalan ini sehingga semua aktivitas yang dilakukan bisa lancar dan rampung sesuai target waktu yang ditentukan.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Yahukimo, Philemon Lolo Allo mengakui, dari catatan di atas kertas jarak pembangunan jalan dari titik nol di Kampung Yamote ke Panggema sepanjang 37 KM.

Ini kita bangun dengan dana DAK Tahun 2018 sebesar Rp 29 miliar, kesepakatan antara pemerintah dan legislatif sudah ada. Yang mana setiap tahun akan gelontorkan dana untuk pembangunan lima ruas jalan utama di Yahukimo,bebernya.

Ia melihat, pembangunan yang pertama ruas jalan Yamote-Panggema, Herawe-Sobahama, Dekai-Korupun, Suru-suru ke Musaik, Silimo dan ke Amuma di mana masih wilayah berbatasan dengan Asmat, terakhir ke arah pelabuhan Logbon.

Sementara itu, Direktur PT Jabekena Taburai, David Haluk mengungkapkan, sebenarnya pembangunan jalan yang harus dikerjakan dari titik nol di Yamote menuju Panggema, namun karena akses dari Jayawijaya ke titik nol ini belum ada sehingga mereka buka jalan dari Distrik Popugoba, Jayawijaya sekitar 7 kilo lebih menuju Kampung Yamote.

Setelah peresmian ini, kita akan kerja sekitar 3 kilo lagi. Jadi batas akhir kontrak itu sampai Desember harus selesai sehingga kami upayakan cepat selesai,tegasnya.

Ia menambahkan, walaupun para pekerja mengalami kendala dengan medan dan curah hujan yang tinggi, namun pihaknya optimis pembukaan jalan sepenjang 3 kilo meter itu akan selesai dalam waktu tiga minggu. (jo/tho)

Tinggalkan Balasan