Komisioner KPU Harus Diisi OAP

Anggota DPRD Mimika Yelinus mom(Foto-Salma)

TIMIKA – Anggota DPRD Mimika, Yelinus Mom mengharapkan tim seleksi (Timsel) dan Komisioner KPU Mimika periode berikut diisi oleh orang asli Papua (OAP).

Menurutnya hal tersebut sesuai dengan amanah Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

“Otsus telah menetapkan agar OAP tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.  Jadi, daripada Ketua KPU dijabat orang dari luar, sebaiknya diambil dari OAP itu. Karena bisa saja timbul kerusakan yang tidak perlu kalau ini tidak jadi pertimbangan,” ujarnya ketika ditemui wartawan di kantor DPRD Mimika, Kamis (11/10).

Ia mengatakan, tidak seharusnya KPU RI dalam mengisi Formasi tim seleksi Komisioner KPU tanpa melibatkan OAP didalamnya.

“Karena kalau dijabat oleh orang dari luar, itu tidak semua calon tim seleksi mengetahui permasalahan politik di tingkatan lokal yaitu Mimika sendiri. Termasuk pula kendala-kendala di daerah yang berkaitan dengan politik,” katanya.

 “Jadi, kami harap ada keringanan untuk mereka. Standar nilainya harus diturunkan sedikit dalam penyeleksian, misalnya. Kalau tidak begini DPRD juga susah, karena pasti ada saja yang demo apalagi masalah KPU ini,” ujar Yelinus.

Yelinus yang juga merupakan Putra Amungme ini mengungkapkan, penyeleksian dan penetapan Komisioner KPU harus diisi oleh OAP guna mengantisipasi adanya gejolak, demi kepentingan tertentu.

“Apalagi saya dengar ini sudah ada beberapa pendatang yang duluan mengatakan dirinya akan menjadi Komisioner untuk merencanakan ini dan itu. Jadi saya harap timsel berhati-hati dalam menetapkan Komisioner KPU kedepannya,” katanya. (Salma)

Tinggalkan Balasan