Pelanggan Indihome di Mimika Capai 5.700

Kakandatel Timika, Jangkir Simbiak.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Timika, Jangkir Simbiak, mengatakan hingga saat ini jumlah pengguna Indihome di Mimika sudah mencapai 5.700 pelanggan yang tercover mulai dari area SP 1 hingga Kuala Kencana. Tahun 2018 ini saja, yang terdaftar ada sebanyak 2.230 pelanggan.

"Kebutuhan Indihome ini khusus untuk yang mempunyai usaha cafe, hotel, restoran dan tempat usaha lainnya. Tapi sebagian besarnya juga untuk kebutuhan rumah tangga saja. Jumlah itu termasuk yang telah mulai berlangganan di tahun 2017. Untuk pemasangan jaringan Indihome ini akan dilakukan kalau sudah ada yang meminta," kata Jangkir saat ditemui di salah satu hotel dibilangan Jalan Hasanuddin, Kamis (11/10).

Menurut dia, capaian jumlah pelanggan Indihome tahun 2018 sebanyak 2.230 terhitung pada pertengahan bulan Agustus lalu, dan itu sudah melampaui target. Karena yang ditargetkan hanya sebanyak 1.900 pelanggan. Melihat antusias masyarakat Mimika menggunakan Indihome, sehingga di setting kembali untuk tahun 2018 Telkom menargetkan pelanggan khusus hingga 3.000.

Selain itu, Jangkir menjelaskan bahwa, saat ini proses pemindahan tiang dan jaringan Telkom di sepanjang Jalan Cenderawasih tidak mengganggu pengerjaan jalan yang kini tengah dilaksanakan pemerintah. Hal itu karena adanya koordinasi yang intens bersama dinas terkait dan kontraktor yang mengerkajakan.

Bahkan, Jangkir mengatakan bahwa saat ini tidak ada lagi pengerjaan kabel underground (bawah tanah) melainkan hanya over head. Di mana, pemasangan over head ini dianggap tidak terlalu berat karena hanya memindahkan kabel jaringan telepon dan jaringan Indihome. Dan proses pemindahan tiang diperkirakan 2 meter dari drainase jalan, sehingga waktu pemindahan akan disesuaikan dengan capaian pekerjaan jalan.

"Sekarang fokus pemindahan tiang dan pemasangan kabel, itu kita fokus mulai depan Petrosea sampai di jembatan sebelum SPBU SP 2. Saya tidak tahu pasti berapa tiang yang sudah kami pindahkan, tapi yang jelas harus dilakukan untuk kepentingan masyarakat umum dan kelancaran pekerjaan jalan," tuturnya.

Sedangkan untuk di Jalan Hasanuddin yang dimulai dari persimpangan Timika Mall hingga ke depan SPBU, pemindahan tiang sudah dikerjakan pada tahun 2017. Oleh karena itu saat ini ditargetkan pemasangan kabel jaringan untuk wilayah Irigasi dimulai dari depan Pasar Sentral. (Acik)  

Tinggalkan Balasan