Bawaslu Papua Deklarasi Pemilu Damai

Deklarasi kampanye damai.(Foto-Ant)

SAPA (JAYAPURA) - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua menggelar deklarasi pemilu damai, bersih dan bermartabat yang diikuti oleh pimpinan partai politik, calon legislatif dan sejumlah tamu undangan di taman Imbi, Kota Jayapura, Selasa (23/10).

Acara yang berlangsung kurang lebih sejam itu diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya pembacaan deklarasi kampanye damai oleh sejumlah perwakilan, mulai dari wakil partai, calon legislatif (caleg), TNI dan Polri serta wakil dari bawaslu kabupaten/kota.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Metusalach Infandi disela-sela kegiatan berharap pesan kampanye damai yang dibacakan dalam deklrasi tersebut bisa diteruskan kepada internal partai politik, para caleg dan pendukung serta relawan.

"Harapannya setelah deklarasi ini, pesan yang tadi diucapkan bisa sampai ke internal peserta pemilu dan para pendukungnya dan mari kita kawal pesta demokrasi ini sesuai dengan peraturan yang berlaku," katanya.

Mengenai pengawasan selama masa kampanye di daerah, Metu sapaan akrab Metusalach Infandi katakan tetap dilakukan karena ada bawaslu hingga tingkat kampung.

"Tentunya kami punya pengawas pemilu jenjang kabupaten distrik hingga kampung, bahkan sudah diberikan bimtek dan arahkan untuk pengawasan terhadap kampanye maupun tahapan-tahapan yang dilakukan di kabupaten/kota," katanya.

"Termasuk kita dorong bawaslu di daerah untuk aktif dalam lakukan pencegahan, sebab cegah lebih baik dari penindakan. Tapi jika sudah dilakukan pencegahan tapi tetap dilanggar maka akan diproses sesuai UU pemilu," sambungnya.

Ketika disinggung soal pendanaan pengawasan, Metu mengaku hingga kini pihaknya masih terus diupayakan secepatnya sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Kami terus upayakan untuk dukungan keuangan terhadap pengawasan, secepatnya juga direalisasikan sesuai aturan dan kami terus berkomunikasi serta berkoordinasi dengan Bawaslu RI menyangkut administrasi dan lain-lainya," katanya. (Ant)

Tinggalkan Balasan