Pengawasan WNA ke Jayawijaya Diperketat

Denny/ Cepos
Pertemuan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jayapura, Gatut Setiawan dengan Sekda Jayawijaya

Bentuk Tim Pengawasan dan Bangun Kantor Imigrasi di Wamena
WAMENA — Untuk memperketat pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Jayawijaya , maka Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jayapura, merencanakan membangun sebuah kantor perwakilan di Jayawijaya dalam waktu dekat, sekaligus membentuk tim pengawasan orang asing.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jayapura, Gatut Setiawan mengaku jika pihaknya berkomitmen untuk membentuk kantor perwakilan dan juga tim pengawasan Warga Negara Asing (WNA) di Jayawijaya, yang bersinergi dengan pihak kepolisian maupun forkopimda lainya.

“Dibentuk tim pengawasan orang asing, bersama Forkopimda yang akan menjadi salah satu keanggotaan tim pengawasan orang asing yang memiliki kepentingan lain,”ungkapnya saat berkunjung ke Jayawijaya Kamis (1/11) kemarin.
Tim pengawasan orang asing ini, Kata Gatut Setiawan,akan melibatkan sejumlah pihak baik itu kepolisian, maupun Badan Intelijen Negara (BIN).

Tugas tim ini, melakukan pengawasan orang asing di Jayawijaya yang semakin hari semakin meningkat dengan bermacam-macam kepentingannya, baik dalam rangka wisata atau unsur lain yang menyangkut dengan keamanan negara.

“November ini tim akan terbentuk, ini akan menghimpun sebanyak-banyaknya informasi dan keberadaan orang asing,”katanya
Kapolres Jayawijaya, AKBP Jan Bernard Reba mendukung pembentukan tim ini sebagai upaya pengawasan WNA, agar terpantau dengan baik.

“Misalnya pelanggaran mengenai dokumen keimigrasian itu ranahnya imigrasi, kalau tindak pidana kepolisian dan jaksa. Ini yang perlu segera didorong, agar pengawasan terhadap orang asing bisa berjalan semaksimal mungkin,”tegas Kapolres.

Sementara Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo menilai jika hal ini penting untuk memproteksi keberadaan Warga Negara Asing di Jayawijaya, juga dapat membantu pemerintah maupun masyarakat yang hendak berpergian ke luar negeri. “Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mengurus paspor ke Jayapura jika kantor imigrasi sudah ada di Wamena,”jelas sekda.

Ia juga mengakui jika pertemuan ini baru sekedar penjajakan pihak imigrasi untuk membuka kantor perwakilan, meskipun pada prinsipnya pemerintah daerah mendukung. Namun hal ini harus disampaikan kepada kepala daerah untuk dapat persetujuan terlebih dahulu. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan