Dua ABK KM Alfatah Hilang

Tim SAR Merauke ketika menurunkan perahu karet di sekitar Pelabuhan Perikanan Merauke untuk melakukan pencarian  2 ABK KM Alfatah yang dinyatakan hilang tenggelam. Hingga Minggu  (4/11) sore kemarin, kedua ABK tersebut masih dalam pencarian. 

MERAUKE- Dua Anak Buah Kapal (ABK)   KM Alfatah dilaporkan  hilang di sekitar Muara Kali Maro. Kedua ABK tersebut dilaporkan hilang sejak, Jumat (2/11) sekitar pukul 08.00 WIT.  Kedua ABK  KM Alfatah yang dilaporkan hilang tenggelam tersebut bernama Kasung (50) dan Nendi (27).

  Keduanya merupakan warga Gudang     Arang, Kelurahan Kamahedoga-Kabupaten Merauke. Menurut Humas Kantor Pemcarian dan Pertolongan Merauke (Basarnas) Darmawan menjelaskan,  laporan  hilangnya dua ABK KM Alfatah tersebut diterima pihaknya Sabtu (3/11) sekitar pukul  09.05 dari seorang warga bernama Rusdiati.

   Dimana sesuai laporan yang diterima Basarnas Merauke bahwa telah terjadi kecelakaan perahu KM Alfatah tenggelam berisikan 3 orang ABK.   KM Alfatah sendiri bertolak dari dermaga Gudang Arang sejak kamis (1/11) lalu pada pukul 17.30 WIT menuju ke perairan Kumbe sambil menjaring ikan. Sesampainya di Muara Sungai Maro, pada Jumat (2/11)sekitar pukul 08.00 WIT, perahu dihempas gelombang cukup besar sehingga mengakibatkan perahu terbalik dan tenggelam.

   Namun Satu dari 3 ABK tersebut  bernama Syaiful (31) berhasil  diselamatkan oleh perahu nelayan yang kebetulan sedang melintas disekitar lokasi kejadian kecelakaan. Namun 2 (dua) ABK yang lain tidak berhasil diselamatkan dan dilaporkan hilang setelah kapal naas berwarna biru bergaris hijau dan putih serta bermuatan jaring itu tenggelam.

  Menurut Darmawan, dengan laporan   yang diterima  tersebut pihaknya langsung menurunkan  tim pencarian sekitar pukul 09.28 WIT dengan  mengerahkan 2 (dua) tim rescue ke muara sungai Maro.  ‘’Dalam operasi pencarian kali ini  tim rescue dibagi menjadi 2  tim yaitu tim darat yang menggunakan 2  kendaraan roda dua  untuk menyisir di pesisir pantai mulai dari Muara Sungai Maro hingga Kumbe,’’ katanya.

   Sedangkan 1  tim lagi berjumlah empat orang melakukan pencarian di perairan dengan menggunakan sea rider untuk melakukan upaya pencarian. Hingga Minggu (4/11), kedua ABK   KM Alfatah tersebut  belum ditemukan. Tim SAR masih melakukan pencarian baik melalui laut maupun lewat darat. (ulo/gin)

Tinggalkan Balasan