Polisi Buru Napi Kabur dari Lapas Wamena

Denny/ Cepos
Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Wamena yang berada di Jalan Hom-Hom Distrik Wamena Kota

WAMENA-Polisi hingga kini masih melakukkan pencarian terhadap  11 Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang kabur pada Jumat (2/11) kemarin. Namun kepolisian belum mengetahui penyebab pasti, larinya 11 orang Napi  ini.

   “Kami belum tahu informasi pasti tentang kaburnya warga binaan ini namun upaya kami masih melakukan pencarian kepada mereka dengan mengerahkan anggota dari Polres dan Polsek-polsek,” jelas Wakapolres Jayawijaya, Kompol Andreas Tampubolon SIK saat dikonfirmasi wartawan Wakapolres kepada wartawan Malam Minggu (3/11)

  Menurutnya, setelah Kepolisian medapat informasi jika ada 11 Narapidana yang melarikan diri tersebut, ia langsung mengerahkan anggota kepolisian untuk melakukan pencarian. “Jadi kami bagi dua, sebagian kita arahkan ke Lapas untuk menenangkan (napi) disana, dan satu regunya lagi cari sampai di bina marga melewati perumahan warga,”jelasnya.

   Saat pencaarian itu, Kata Wakapolres Jayawijaya, anggota mendapat informasi dari warga jika memang ada beberapa warga yang menyebutkan bahwa sekitar lima orang napi sempat mengganti pakaian di sekitar Lapas lalu melarikan diri.

  “Memang tanda-tanda orang kabur itu ada. Dari masyarakat bilang bahwa ada orang ganti baju disini kurang lebih 5 orang,” katanya

   Dari informasi yang dihimpun Cenderawasih pos, pelarian warga binaan Lapas ini terjadi sekitar pukul 16.20 WIT.  Mereka melarikan diri usai menjebol tembok pertama Lapas lalu melompat pada tembok kedua tepatnya di bawah menara pengarah Lapas dan melarikan diri.

   Aksi pelarian warga binaan ini sempat dihalau oleh sejumlah petugas setempat, namun karena beberapa narapidana memegang senjata tajam sehingga upaya petugas sipir tak berhasil untuk menangkap mereka hingga mereka pun melarikan diri lewat belakang Lapas Wamena.

   Sebelas narapidana yang kabur ini diantaranya 4 orang kasus pembunuhan, 3 orang kasus pemerkosaan dan 4 orang lainya merupakan narapidana kasus pencuriaan. Hingga saat ini aparat kepolisian sedang melakulan pencarian.

  Untuk diketahui, dalam tahun 2018 ini kasus pelarian narapidana dari Lapas Wamena sudah  terjadi sebanyak tiga kali. Pertama 16 orang di awal tahun,  kasus kedua 6 napi pada pertengahan tahun dan ketiga 11 orang tahanan yang kabur di penghunjung tahun 2018. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan