Jalan Trans PapuaWamena-Jayapura Tunjang Perekonomian

Denny/ Cepos
Kendaraan yang melintasi Jalan Trans Papua Wamena — Jayapura. Diharapkan dengan adanya akses jalan darat ini bisa menekan harga barang di daerah pengunungan tengah Papua.

WAMENA-Wakil Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua menilai jika untuk pembangunan jalan dari Elelim Kabupaten Yalimo hingga ke Benawa harus secepatnya diperbaiki. Sebab, ini satu —satunya transportasi lewat darat khususnya di wilayah Pegunungan tengah Papua sebagai penunjang perekonomian, untuk menekan harga barang.

Meski masih belum layak untuk dilewati, namun animo masyarakat sangat tinggi untuk melewati jalan tersebut. Setiap kali dibuka, bisa 200 kendaraan melewati jalan tersebut untuk sampai ke Wamena.

“Saya kira jika para sopir bisa bersabar sedikit untuk memberikan ruang kepada kontraktor untuk bekerja menyelesaikan jalan itu, mungkin akan lebih baik akses jalan tersebut, namun sebaliknya setiap Sabtu dan Minggu jalan itu dibuka ratusan kendaraan akan melewati jalan
itu,” ungkapnya saat ditemui di Wamena, Selasa (6/11).

Untuk saat ini, kata Jhon Banua, keperluan Sembako dan bahan bangunan saat ini sudah banyak yang melewati akses jalan darat , apalagi jalan itu sudah sangat layak dilalui pastinya akan mempengaruhi harga barang di Pegunungan Tengah Papua atau harga barang bisa lebih rendah, sehingga daya beli masyarakat bisa terjangkau.

Menurut Wakil Bupati dua Periode ini, ada 4 ruas lajur jalan yang harus diperbaiki saat ini, karena medannya itu cukup berlumpur dan menyulitkan kendaraan. Namun hal ini di nilai wajar karena masih dalam tahapan pekerjaan, namun kalau akses itu tuntas maka akan sangat bagus
untuk transportasi barang.

“Dari 4 titik itu, seperti di Daerah Kali wara, dan Kali Yahuli masing—masing ada lokasi yang terkena banjir dan longsor, sehingga ini sangat menghambat dan ini perlu dibuat jembatan kayu agar bisa dilewati,” jelasnya.

“Kami harapkan pekerjaan jalan ini bisa segera diselesaikan agar dapat
menunjang perekonomian di daerah pengunungan tengah Papua yang saling berdekatan seperti Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Yalimo, Tolikara dan Lanny Jaya,”sambungnya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan