Keerom Siap Gelar Bursa Inovasi Kampung Se-Papua

Noel/Cepos

Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si

JAYAPURA-Setelah sukses menggelar pemilihan kepala kampung tahap II, Pemerintah Kabupaten Keerom siap menggelar Bursa Inovasi Kampung.

Hal ini diungkapkan Bupati Kabupaten Keerom Muh Markum SH MH MM melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si kepada Cenderawasih Pos di ruang kerjanya Selasa, (6/11) kemarin.

Dikatakan Pemerintah Keerom di bawah Pimpinan Bupati Muh Markum SH MH MM terus berusaha melaksanakan pembangunan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan menuju tercapainya visi Pemkab Keerom, yakni “Terwujudnya Jati Diri Masyarakat Keerom Yang Mandiri, Berkarya, Handal dan Sejahtera Sebagai Beranda Terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Oleh karena itu, Pemkab Keerom berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung melalui peningkatan kapasitas kampung dengan kegiatan Bursa Inovasi Kampung.

“Saya berharap kepada seluruh peserta Bursa Inovasi Kampung yang hadir nantinya, agar bersungguh-sungguh mencermati berbagai kegiatan yang ditampilkan pada menu bursa untuk dapat di replikasi atau ditiru oleh kampung sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing Kampung,” katanya.

“Dengan terselenggaranya Bursa Inovasi Kampung ini nanti, saya harapkan dapat terbangun komitmen replikasi, serta menjaring inovasi yang belum terdokumentasi dan membagi informasi penyedia peningkatan Kapasitas Teknis Kampung,” sambungnya.

Selain itu, Tambah Triwarno hal ini karena kebanyakan pengetahuan yang dimiliki sebagian besar masyarakat Kampung masih dalam benak atau angan-angan, padahal pengetahuan masyarakat harusnya adalah pengetahuan yang tertuang atau teraplikasi. Hal inilah yang akan Pemerintah dorong melalui kegiatan Bursa Inovasi Kampung.

Lanjutnya, DPMK dan Pendamping Profesional mulai dari Tenaga Ahli P3MD, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang terus berkomitmen sehingga Kabupaten Keerom menjadi Kabupaten pertama di Provinsi Papua yang dapat menggelar pelaksanaan Bursa Inovasi Kampung.

“Kami senantiasa mencari dan melakukan upaya-upaya terobosan baik dalam rangka pengelolaan Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan juga Prospek, sehingga mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di kampung,” katanya. (oel/tri)

Tinggalkan Balasan