Di Biak, Kemenpan RB Sosialisasi dan Evaluasi SPBE

Ir. Andarias F. Lameky , MM

Diikuti 4 Kabupaten di Wilayah Teluk Cenderawasih

BIAK- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia menggelar Sosialisasi Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Sasana Krida Kantor Bupati Biak Numfor, Rabu (7/11) kemarin.

Kegiatan yang diikuti peserta dari empat kabupaten yang ada di wilayah Teluk Cenderawasih, masing-masing Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Waropen. Mereka yang hadir  sejumlah pimpinan OPD dan pejabat lainnya dari keempat kabupaten itu.

Kasubdit perencanaan dan kinerja Kemenpan RB Bibin Muhibin menyatakan, sosialisasi evaluasi yang dilakukan ini dimaksukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, efisien, dan berkesinambungan.

 “Evaluasi SPBE dilaksanakan berdasarkan Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.  Dan Permenpan RB Nomor 5 tahun 2018 merupakan instrumen penilaian yang kami gunakan untuk mengukur kemajuan pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik pada instansi pusat dan pemerintah daerah,” ucapnya.

Asisten III Setda Kabupaten Biak Numfor Ir. Andarias F. Lameky , MM mengatakan, pemerintah daerah khususnya lagi Pemerintah Kabupaten Biak Numfor masih terus berinovasi dan mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, terutama aspek layanan publik yang dimaksudkan untuk mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat.

            “Jadi evaluasi seperti ini memag perlu dilakukan untuk mengukur indikator kepuasan masyarakat (IKM) terhadap layanan publik yang dilaksanakan pemerintah. Evaluasi ini juga menjadi ajang sharing pemerintah daerah dalam peningkatan layanan publik,” paparnya saat membuka sosialisasi dan SPBE mewakili Plt. Bupati. (itb)

Tinggalkan Balasan