CT Tak  Bertuan Asal Bitung Diamankan di Pelabuhan

JAYAPURA- Kepolisian Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura gagalkan 79 Liter penyelundupan Minuman local jenis Cap Tikus asal bitung di Pelabuhan Laut Jayapura saat masuknya KM Sinabung, Kamis (8/11) kemarin.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas melalui Kapolsek KPL Jayapura Iptu Joko Prayogo menyebutkan minuman asal bitung yang dipikul oleh buruh bagasi itu dikemas dalam  delapan Karton kecil dan dikemas dalam plastik bening ukuran satu liter sebanyak 75 bungkus dan botol air mineral 600 ml sebanyak enam botol.

“Untuk pelaku sendiri melarikan diri, modus mereka memang seperti ini. Kadang menyuruh buruh kapal untuk mengangkat barang mereka dimana pelaku terlebih dahulu menunggu di dermaga,” ucap Joko saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telfon selulernya, Kamis (8/11) kemarin.

Dikatakan, modus-modus seperti ini sudah biasa dilakukan oleh pelaku. Dan dari catatan Polsek KPL Jayapura sendiri selama bulan November sudah tiga kasus yang ditanganinya terkait dengan Miras tak bertuan di Pelabuhan Laut Jayapura saat masuknya kapal.

“Itulah kenapa kami rutin melakukan pengawasan di Palabuhan Jayapura  guna mencegah hal-hal seperti ini,” terangnya.

Terkait dengan sistem pengawasan kata Joko, dimana diberlakukan sistem terbuka dan sistem tertutup. Dengan personil yang dilibatkan yakni sebanyak 20 personil  anggota Polsek KPL Jayapura.

“Untuk barang bukti sudah kami amankan di Polsek KPL yang selanjutnya akan diserahkan ke Sat Narkoba Polres Jayapura Kota untuk dimusnahkan,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan