Jangan Rombak Dana Otsus!

Hadi Prabowo (FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAKARTA-Berkaitan dengan berhembusnya kabar di mana alokasi 80:20 dana otonomi khusus akan dirombak untuk menunjang pembangunan infrastruktur PON Papua dibantah Kementerian Dalam Negeri RI.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo, yang menyebutkan bahwa terdapat dana DTI yang merupakan tambahan dana Otsus yang dapat digunakan untuk menunjang penyelenggaraan PON Papua.

“Otsus tidak dirombak. Sebaliknya, nanti pakai dana DTI, itu tambahan dari Otsus dan itu tersendiri,” tegas Hadi Probowo kepada wartawan usai menerima kunjungan Wakil Gubernur Papua dan rombongan Pemprov Papua dalam rangka audiensi sukses penyelenggaraan PON Papua, di kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (8/11) kemarin.

Dikatakan, dana DTI ini sendiri merupakan dana tambahan yang besarnya ditetapkan atas kesepatakan pemerintah pusat dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI berdasarkan usulan provinsi pada setiap tahun anggaran.

Sebelumnya Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., juga telah memberikan  klarifikasinya terkait dengan kabar penggunaan dana Otsus untuk menunjang pembangunan infrastruktur PON Papua yang akan diselenggarakan pada 2020 nanti.

“Dana Otonomi Khusus sama sekali tidak bisa digunakan untuk menunjang pembangunan infastruktur PON. Kami sama sekali tidak ada urusan dana Otsus digunakan untuk kegiatan PON Papua,” tegas Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., khusus kepada Cenderawasih Pos, Kamis (1/11) lalu.

Menurut Gubernur Enembe, aturan terkait penggunaan dana Otsus itu sangat jelas, yakni untuk kesejahteraan masyarakat Papua. Dengan demikian, satu sen pun tidak akan digunakan pemerintah untuk PON. (gr/nat)

.

Tinggalkan Balasan