Minta Warga Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Ir.H.Rustan Saru, MM.

Musim Hujan Mulai Tiba, Pemkot Jayapura  Warning Warga Kota Jayapura

Dalam satu pekan sudah beberapa kali hujan, meskipun tak merata dan belum deras namun Pemkot meminta warganya waspada bencana alam baik banjir maupun tanah longsor

Laporan Priyadi Jayapura

Beberapa titik di daerah Kota Jayapura masih berpotensi terkena banjir dan tanah longsor. Menyikapi hal ini karena saat ini sudah mulai masuk musim penghujan. Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM.,meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai dan bawah lereng gunug untuk tetap waspada.

  Jika memang terjadi hujan deras maka hendaknya harus siaga, terlebih jika hujan ini pada malam hari, sehingga alangkah baiknya jika hal ini terjadi bisa segera keluar dari rumah dan pindah ke tempat yang aman.

“Beberapa tahun lalu, ada kejadian longsor dan banjir yang sampai menelan korban di Kota Jayapura, ini akibat masyarakat tidak waspada dan hati-hati, mereka tahu daerahnya rawan, waktu itu hujan deras masyarakat tidak mau keluar dari rumah, maka akibatnya terkena musibah, ini yang harus dimengerti masyarakat,”ungkapnya kepada wartawan, Rabu (7/1) kemarin.

  Menurutnya, maayarakat sudah harus paham, jika mereka memaksakan diri membangun rumah di bantaran sungai atau dibawah tebing, konsekuensinya pasti sudah tahu.

Untuk itu, dalam rangka meminimalisir musibah banjir dan tanah longsor, masyarakat diminta jangan buang sampah sembarangan agar aliran sungai lancar, kemudian jangan tebang pohon sembarangan, supaya daerah resapan air di perbukitan atau tebing masih kuat dalam menahan tanah dan air.

  Ditambahkan, dalam upaya memberikan pemahaman terhadap ganguan bencana dan tanggap darurat, maka Pemkot Jayapura melalui BPBD juga seringkali memberikan sosialisasi tentang tanggap darurat bagi maayarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor.

Sosialisasi, ini diberikan untuk masyarakat, supaya tahu apa yang dilakuka  pada saat terjadi musibah, maupun bagaimana cara mengatasinya.

  Selain itu, Rustan Saru, juga mengakui, saat ini potensi banjir di Kota Jayapura, sudah mulai ditangani dengan baik,melalui kerjasama dengan semua pihak.   Contohnya penanggulangan banjir  di daerah  SMAN 4 entrop, Dok 9 kali, depan BPJS Kesehatan Jayapura, dan daerah lainnya, termasuk  program penanggulangan banjir di Distrik Abepura.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan