Kodim 1710/Mimika Adakan Upacra Peringatan Hari Pahlawan

Pengibaran bendera merah putih saat upacara peringatan Hari Pahlawan. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Peringati Hari Pahlawan tahun 2018, Kodim 1710/Mimika menggelar upacara bendera yang diikuti jajaran TNI AD dari sejumlah satuan yang ada di Mimika. Diantaranya personel Kodim, Benglap, Denpom, Rumkit AD, dan PNS, Sabtu (10/11), di lapangan Makodim 1710/Mimika, Jalan Agimuga, Distrik Kuala Kencana.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Danramil Kokonau Kapten Inf Rustam Pauwah, sedangkan komandan upacara Lettu Cpl Wahyu Hisbulloh.

Dalam upacara ini dilaksanakan pengibaran bendera merah mutih, pembacaan UUD 1945 serta pembacaan pesan-pesan beberapa pahlawan yang sudah berjuang pada masa perjuangan, dan dilanjutkan dengan pembacaan amanat Menteri Sosial Agung Gumiwang Kartasasmita terkait tema pahlawan tahun ini, yaitu “Semangat Pahlawan di Dadaku”.

Dalam amanatnya yang dibacakan Kapten Inf Rustam Pauwah, mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan adalah untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan menentukan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara Indonesia.

Setiap warga Indonesia tanpa terkecuali, lanjutnya, bisa mengabdikan diri untuk kemaslahatan bangsa. Baginya, ini adalah momentum yang pas untuk bersama-sama mengintrospeksi diri sudah seberapa jauh komponen bangsa mengisi kemerdekaan yang sejahtera, adil, dan makmur.

Selain itu, juga harus menumbukan ide dan gagasan baru untuk memperkuat daya saing bangsa. Terkait dengan hal itu, saat ini Indonesia membutuhkan pahlawan baru yang berprestasi untuk memajukan negeri.

“Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat istiadat, namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia,” ujarnya.

“Pada akhirnya melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini,” imbuhnya. (Salma) 

Tinggalkan Balasan