BPJN Papua Barat Dirikan Pos Natal

Kepala BPJN-XVII Yohanis Tulak.(Foto-Beritalima)

SAPA (MANOKWARI) - Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XVII Papua Barat akan mendirikan pos di sepanjang jalan trans dan nasional untuk memantau arus mudik Natal 2019.

Kepala BPJN-XVII Yohanis Tulak di Manokwari, Kamis (6/12), menjelaskan pos-pos itu diadakan untuk kenyamanan masyarakat yang melakukan perjalanan, baik pada masa arus mudik maupun balik. Selain pegawai BPJN, kata dia, pos akan diisi oleh personel dari instansi terkait yanakan menjalankan masing-masing tugas dan fungsinya.

"Ini untuk mengantisipasi berbagai ancaman gangguan berupa bencana longsor, banjir serta potensi gangguan yang lain," kata dia.

Pendirian pos dan penempatan personel, katanya, bertujuan untuk mempercepat respons saat terjadi gangguan sehingga arus transportasi di sepanjang jalan trans dan nasional Papua Barat berlangsung lancar.

Ia mengutarakan, total panjang jalam Trans Papua Barat 1.070,62 kilometer dan jalan nasional 1.326,38 kilo meter. Pos akan didirikan di sejumlah lokasi.

"Maksudnya ini tidak berdiri sendiri-sendiri. Di jalan Trans ada sebagian berstatus jalan nasional dan jalan nasional ada sebagian berada di luar jalan Trans," kata dia.

Saat ini, lanjutnya, hampir seluruh kabupaten kota terhubung melalui jalan trans dan jalan nasional. Dari 13 kabupaten kota, tinggal Fakfak dan Kaimana yang belum terhubung.

"Kecuali Raja Ampat, karena itu daerah kepulauan. Untuk Fakfak dan Kaimana kita mulai membangun dari dua arah. Kedepan, kita buka juga melalui Windesi-Teluk Wondama," kata dia. (Ant) 

Tinggalkan Balasan